Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Menabung Ala Hasan Zein Mahmud

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak orang hendak memiliki tabungan  yang besar. Namun, tidak banyak orang yang mampu menuntaskan kehendak hatinya itu. Tidak perlu kecil hati.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 14 Juli 2013  |  12:16 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak orang hendak memiliki tabungan  yang besar. Namun, tidak banyak orang yang mampu menuntaskan kehendak hatinya itu. Tidak perlu kecil hati.

Hasan Zein Mahmud, anggota Tim Ekselensi Learning Center dan Staf Pengajar pada KWIK KIAN GIE School of Business, mempunyai tipsnya.

Menurut dia, salah satu yang tak kalah penting (untuk) menabung adalah  disiplin. Eric Toya, CFP (2011) menganalogikan kegiatan menabung dengan diet.

Tiap tahun baru, ibu-ibu sering bikin resolusi: Menguruskan badan dan menggemukkan pundi!.  Keduanya punya persamaan: easier said than done!

Dengan menggunakan analogi itu, berikut beberapa tips ringan:

 

  • Kalau nafsu makan kita berstandar 10, maka berhentilah pada kisaran 7 atau 8. Seperti diajarkan oleh Nabi Muhammad “makanlah saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang”. Kalau selama ini nafsu belanja anda 10, berlatihlah untuk berhenti pada angka 7 atau 8. Susun prioritas dan belanja maksimal 80 % dari yang selama ini anda habiskan.
  • Rasa lapar bukan suatu yang darurat. A fear of hunger may lead to a tendency to overeat. Desakan hasrat belanja tidak harus segera dipuaskan, cobalah menunda. Siapa tahu nafsu belanja bisa seperti bursa saham, suspensi perdagangan beberapa saat terkadang bisa mengurangi panic selling.
  • Makanlah lebih banyak buah, sayur dan serat. Rasa lapar bisa diatasi dengan banyak pilihan menu. Cobalah mulai dengan menu yang sehat. Ekonom mengajarkan bahwa benda benda sebagai alat pemuas kebutuhan memiliki berbagai alternative penggunaan, tapi juga memiliki berbagai subtitusi. Kita bisa belajar memilih alternative yang paling ekonomis untuk memenuhi kebutuhan kita.
  • Diet yang sehat lebih optimal bila dilakukan dengan rencana menu yang tepat dan disiplin untuk tidak tergoda mengonsumsi menu yang lain. Menabung membutuhkan bujet yang rinci dan terrencana serta disiplin dalam tracking the budget!
  • Empiris membuktikan bahwa orang yang langsing bergerak lebih banyak, dan orang yang gemuk duduk lebih banyak. Penabung yang baik adalah mereka yang berorientasi pada produksi dan nilai tambah. Orang yang boros adalah mereka yang lebih banyak duduk dan menimbang nimbang kenikmatan pergi ke mal untuk belanja…Selamat menjalankan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wealth personal finance manajemen keuangan
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top