Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SBY Berharap Rupiah Terjaga di Teritori Aman sesuai Fundamental

Bisnis.com, JAKARTA --Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta rupiah dijaga di jalur  yang aman sesuai dengan fundamentalnya.
Anggi Oktarinda
Anggi Oktarinda - Bisnis.com 20 Agustus 2013  |  16:03 WIB

Bisnis.com, JAKARTA --Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta rupiah dijaga di jalur  yang aman sesuai dengan fundamentalnya.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah menuturkan pergerakan rupiah masih sejalan dengan pelemahhan sejumlah mata uang di kawasan terhadap dolar AS.

Namun demikian, menurutnya, pergerakan nilai tukar rupiah dan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang kian terpuruk dalam perdagangan hari ini memang menjadi sorotan khusus presiden.

"Presiden berharap rupiah dijaga di teritori yang aman, sesuai dengan fundamentalnya," ujar Firmanzah di Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Dia menyebutkan  presiden terus memonitor perkembangan pergerakan nilai tukar dan IHSG. Presiden juga telah menginstruksikan kepada Menteri Keuangan untuk meningkatkan koordinasi dengan Bank Indonesia, Lempaga Penjamin Simpanan, dan Otoritas Jasa Keuangan yang tergabung dalam Forum Stabilitas Sistem Keuangan (FSSK).

"Perlu harmonisasi kebijakan untuk kendalikan rupiah. Tidak hanya dari sisi fiskal tetapi juga moneter. Presiden telah instruksikan menkeu untuk meningkatkan koordinasi di FSKK," ujarnya.

Dengan koordinasi yang lebih intens,  lanjutnya, presiden berharap akan lahir solusi untuk mengatasi pergerakan rupiah dan IHSG.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gonjang Ganjing Rupiah sby presiden
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top