Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah 15 Wanita CEO dengan Gaji Termahal: Angela F. Braly

Bisnis.com, NEW YORK -  Bloomberg baru–baru ini melansir peringkat 15 perempuan chief executive officer pada perusahaan S&P 500 dengan pendapatan gaji termahal pada tahun fiskal terbaru.

Bisnis.com, NEW YORK -  Bloomberg baru–baru ini melansir peringkat 15 perempuan chief executive officer pada perusahaan S&P 500 dengan pendapatan gaji termahal pada tahun fiskal terbaru.

Salah satunya adalah Angela F. Braly, Chairman/President/CEO WellPoint.  Wanita kelahiran 1 Juli 1961 di Dallas, Texas , ini menjadi wanita eksekutif dengan pendapatan kompensasi terbesar ke-6 senilai US$20,59 juta.

WellPoint, Inc, adalah sebuah perusahaan perawatan kesehatan berbasis di AS. Braly memegang posisi puncak perusahaan mulai 1 Juni 2007, setelah menjalankan sejumlah peran penting bagi perusahaan. Namun dia mengundurkan diri pada 28 Agustus 2012 karena kritik pemegang saham.

Braly yang semula menjadi partner firma hukum Lewis, Rice & Fingersh, LC di St Louis itu bergabung dengan WellPoint pada Januari 1999. Saat itu dia menjadi penasihat umum untuk RightCHOICE (sekarang Anthem Blue Cross dan Blue Shield di Missouri). Dia juga mengawasi rencana hubungan dengan pemerintah Missouri.

Selama waktu itu, ia mengatur strategi hukum yang melahirkan Missouri Foundation for Health, yang melayani kebutuhan perawatan kesehatan masyarakat kurang asuransi dan tidak diasuransikan di Missouri.

Dia kemudian menjadi presiden dan CEO dari Rencana Missouri, yang mengelola semua aspek bisnis dan menentukan strategi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dia menjabat sebagai wakil presiden eksekutif, penasihat umum dan kepala petugas urusan publik untuk WellPoint. Dalam peran tersebut, dia bertanggung jawab untuk pengembangan kebijakan publik, hubungan dengan pemerintah, hukum, komunikasi perusahaan, pemasaran, dan inisiatif tanggung jawab sosial.

Dia juga memiliki tanggung jawab operasional untuk bisnis proses klaim Medicare terbesar dan bisnis manfaat kesehatan karyawan federal. Braly juga ahli strategi kunci selama akuisisi WellPoint WellChoice di New-York pada 2005.

Pada 24 Februari 2010, Braly memberikan kesaksian kepada Kongres untuk membela peningkata premi asuransi Wellpoint. Braly menjadi chairwoman Wellpoint pada 1 Maret 2010. Setelah itu, dia menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Eksekutif Dewan Bisnis pada 2011 dan 2012.

Braly diakui St Louis Business Journal sebagai salah satu dari 25 Wanita Paling Berpengaruh dalam Bisnis untuk 2000 dan sebagai salah satu dari Modern Healthcare's Top 25 Women in Healthcare in 2007. Forbes memasukkan Braly sebagai wanita ke-16 paling kuat di dunia pada 2007,] ke-4 paling kuat pada 2008, dan ke-8 yang paling kuat pada 2009.

Fortune menempatkan Braly sebagai wanita paling berpengaruh dalam bisnis keempat di Amerika 2007, kelima yang paling kuat pada 2008., dan keempat yang paling kuat pada 2009.

Pada Mei 2013, Braly diminta Gubernur Indiana Mike Pence untuk menjadi Dewan Pengembangan Kerja Sama Ekonomi Indiana.

Pada April 2009, Braly memiliki kompensasi tertinggi ke-306 untuk CEO AS, setelah memperoleh US$4,07 juta, atau nomor 74 di kalangan perempuan CEO.

Dia memiliki saham WellPoint senilai US$ 4,6 juta, atau 02% dari perusahaan.  Pada 2007, Braly memperoleh pendapatan US$ 14,860.000, terutama di opsi saham. Total kompensasi adalah US$8,7 juta pada 2008 dan US$13,1 juta pada 2009.

Dia mendukung kandidat politik Republik dengan sumbangan kampanye.

Angela Braly menerima gelar sarjana dari Texas Tech University pada 1982 dan Juris Doctor dari Southern Methodist University School of Law. Dia lulus dari Richardson High School pada 1979.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper