Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah 15 Wanita CEO Pendapatan Paling Tajir: Marissa Mayer

Bisnis.com, NEW YORK -  Bloomberg baru–baru ini melansir peringkat 15 perempuan chief executive officer pada perusahaan S&P 500 dengan pendapatan gaji termahal pada tahun fiskal terbaru.

Bisnis.com, NEW YORK -  Bloomberg baru–baru ini melansir peringkat 15 perempuan chief executive officer pada perusahaan S&P 500 dengan pendapatan gaji termahal pada tahun fiskal terbaru.

Salah satunya adalah Marissa Mayer, President/CEO Yahoo!.  Mayer menjadi wanita eksekutif dengan pendapatan kompensasi paling tajir ke-2 senilai US$36,62 juta.

Marissa Ann Mayer bergabung dengan Google pada 1999 sebagai nomor karyawan ke-20, dan merupakan insinyur perempuan pertama di perusahaan tersebut.

Selama 13 tahun di perusahaan ini, Mayer menjadi seorang insinyur, desainer, manajer produk dan eksekutif. Wanita kelahiran 310 Mei 1975 ini memegang peran kunci dalam Google Search, Google Images, Google News, Google Maps, Google Books, Google Product Search, Google Toolbar, iGoogle dan Gmail.

Dia juga mengawasi tata letak, situs pencarian Google tanpa hiasan. Dalam beberapa tahun terakhirnya dengan Google, dia menjadi wakil presiden Local, Maps, dan Location Services dan, sebelum itu, menjadi wakil presiden produk pencarian dan pengalaman pengguna.

Pada 16 Juli 2012, Mayer diangkat sebagai Presiden dan CEO Yahoo!, efektif pada hari berikutnya. Dia juga merupakan anggota dewan direktur perusahaan.  Pada Februari 2013, Mayer mengawasi personel perubahan kebijakan utama di Yahoo! yang mengharuskan semua karyawan bekerja remote berganti ke peran dalam kantor.

Setelah bekerja dari rumah menjelang akhir kehamilannya, Mayer kembali bekerja setelah melahirkan anak laki-laki, dan memiliki pembibitan yang dibangun di sebelah kantornya. Tak lama kemudian, dia dikritik karena larangan telecommuting.

Pada April 2013, Mayer mengubah kebijakan cuti bersalin Yahoo, memperpanjang tunjangan waktu dan memberikan bonus tunai kepada orang tua. Ini sejalan dengan perusahaan Silicon Valley lainnya, seperti Facebook dan Google.

Pada 20 Mei 2013, Mayer memimpin Yahoo untuk mengakuisisi Tumblr dalam akuisisi 1,1 miliar dolar.

Pada Juli 2013 Yahoo melaporkan penurunan pendapatan, tetapi kenaikan laba dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Namun, Mayer memilih untuk mengabaikan slide pendapatan, dan sebaliknya memuji rilis tanpa henti dari penawaran mobile baru. Reaksi di Wall Street diredam, saham jatuh 1,7%.

Duduk di dewan direksi dari Walmart, Jawbone dan Yahoo! Mayer juga duduk di beberapa organisasi non-profit seperti Cooper-Hewitt, National Design Museum, New York City Ballet, San Francisco Ballet dan San Francisco Museum of Modern Art.

Mayer aktif berinvestasi di perusahaan teknologi, termasuk riteler desain cetak Minted, platform video Airtime, dan prosesor pembayaran mobile Square.

Pada 2013, Mayer menempati peringkat 32 dalam 100 Wanita Dunia Paling Berpengaruh versi Forbes Magazine.

Fortune menempatkan Mayer pada peringkat 50 dalam daftar 50 Wanita Paling Berpengaruh dalam Bisnis 2008, kemudian pada tahun berikutnya naik berturut-turut ke posisi 44, 42, 38 dan 14.  Pada 2008, dengan usia 33, dia adalah wanita termuda yang pernah terdaftar.

Mayer sebagai salah satu dari Perempuan Glamour Magazine of the Year 2009. Sementara itu, Forbes Magazine menempatkannya di posisi ke-20 dalam daftar 100 Wanita Dunia Paling Berpengaruh 2012, dan pada tahun ini turun ke posisi 32.

Sebelum bergabung dengan Google, Mayer bekerja magang di SRI International di Menlo Park, California dan laboratorium penelitian Ubilab - UBS di Zurich, Swiss.

Sebelumnya, setelah lulus dari Wausau West High School pada 1993, Mayer dipilih oleh Tommy Thompson, Gubernur Wisconsin, sebagai salah satu dari dua delegasi untuk menghadiri National Youth Science Camp di West Virginia.

Mayer adalah alumnus Stanford University dengan gelar BS, dan gelar M.S. dalam ilmu komputer. Untuk kedua gelar, dia mengkhususkan diri dalam soal kecerdasan buatan. Pada 2009, Illinois Institute of Technology diberi Mayer sebuah gelar doktor honoris causa dalam pengakuan atas karyanya di bidang pencarian.

Mayer lahir di Wausau, Wisconsin, putri Margaret Mayer, seorang guru seni keturunan Finlandia, dan Michael Mayer, seorang insinyur lingkungan yang bekerja untuk perusahaan air.

Mayer menikah dengan pengacara dan investor Zachary Bogue pada 12 Desember 2009. Pada hari yang sama Yahoo! mengumumkan perekrutannya. Mayer melahirkan bayi laki-laki pada 30 September 2012, yang kemudian dinamai Macallister.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper