Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Perluas Akses Finansial, AFI Deklarasikan Sasana Accord

Bisnis.com, KUALA LUMPUR – Alliance for Financial Inclusion yang beranggotakan 108 lembaga dari 85 negara, mendeklarasikan Sasana Accord, sebagai komitmen dalam perluasan akses finansial melalui program yang terukur.
Donald Banjarnahor
Donald Banjarnahor - Bisnis.com 12 September 2013  |  18:58 WIB
Perluas Akses Finansial, AFI Deklarasikan Sasana Accord
Bagikan

Bisnis.com, KUALA LUMPUR – Alliance for Financial Inclusion yang beranggotakan 108 lembaga dari 85 negara, mendeklarasikan Sasana Accord, sebagai komitmen dalam perluasan akses finansial melalui program yang terukur.

Deklarasi tersebut dibacakan oleh Nestor Espenilla Jr, Deputi Gubernur Bank Sentral Filipina, dalam seremoni penutupan Global Policy Forum Alliance for Financial Inclusion (GPF-AFI) 2013,  Kamis (12/9/2013).

“Melanjutkan luasnya dampak dan kontribusi Deklarasi Maya  terhadap financial inclusion, dengan ini sepakat untuk memperkuat efektivitas  komitmen pada anggota melalui program berikut ini,” ujar Nestor Espenilla.

Deklarasi Maya adalah kesepakatan pada anggota AFI akan financial inclusion yang dibuat di Riviera Maya, Meksiko pada 2011 lalu.

Dia menjabarkan komitmen tersebut adalah anggota AFI akan berusaha untuk mencapai komitmen dalam financial inclusion melalui serangkaian tujuan nasional nasional yang terukur.

Komitmen selanjutnya adalah mengukur kemajuan program financial inclusion berdasarkan indikator umum seperti yang telah diidentifikasi dan diukur dalam data AFI dan informasi ini akan dipublikasikan setiap tahun.

Selanjutnya para anggota akan berkomitmen terus  bekerja dengan cara yang kooperatif dan kohesif untuk mengintegrasikan agenda financial inclusion ke dalam kebijakan dan program negara masing-masing, dan memastikan implementasi di tingkat nasional akan berkontribusi terhadap peningkatan dalam komunitas global.

“Kami akan memperkuat kemampuan dan kapasitas kelembagaan untuk perumusan dan pelaksanaan kebijakan financial inclusion yang efektif dan akan memberikan dampak yang optimal,” ujarnya membacakan komitmen yang terakhir.

Dia menambahkan Sasana Accord akan membuat strategi dan kebijakan financial inclusion akan terbukti hasilnya berdasarkan data dan berkontribusi terhadap percepatan kemajuan dan pengukuran manfaatnya.

“Financial inclusion sesuai dengan tujuan Deklarasi Maya tidak hanya tertumpu pada akses [keuangan] tetapi juga pengunaan jasa dan produk keuangan, serta kualitas dimensi,” ujarnya.

Nestor menegaskan para anggota percaya bahwa kebijakan financial inclusion merupakan alat penting untuk membawa 2,5 miliar orang keluar dari kemiskinan. “Jaringan AFI  tetap berkomitmen penuh untuk mempromosikan dan memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat kebijakan financial inclusion yang optimal,” ujarnya.

GPF-AFI 2013 berlangsung pada 10—12 September 2013 dan dihadiri oleh 400 delegasi dari 80 negara.  Sasana Accord mengambil nama Sasana Kijang, tempat digelarnya pertemuan tahunan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

finansial afi
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top