Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ernst & Young: Bank Kecil Sulit Bersaing

Bank-bank kecil dinilai akan semakin sulit bersaing dalam industri perbankan karena nasabah semakin pilih-pilih bank.
Farodlilah Muqoddam
Farodlilah Muqoddam - Bisnis.com 14 Maret 2014  |  18:34 WIB
Persentase nasabah yang masuk kategori paling menguntungkan bagi bank mencapai sekitar 34% dari total nasabah perbankan di Indonesia.  - bisnis.com
Persentase nasabah yang masuk kategori paling menguntungkan bagi bank mencapai sekitar 34% dari total nasabah perbankan di Indonesia. - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bank-bank kecil dinilai akan semakin sulit bersaing dalam industri perbankan karena nasabah semakin pilih-pilih bank.

Keith Pogson, Global Assurance Leader Banking and Capital Markets Ernst & Young, mengatakan persaingan dapat dimenangkan oleh bank yang memberikan beragam fasilitas yang diingingkan nasabah, terutama kelompok nasabah yang paling menguntungkan bagi bank.

“Ini merupakan berita buruk buat bank-bank kecil yang tidak mampu menyediakan infrastruktur dan pelayanan yang diingingkan oleh nasabah,” katanya, Kamis (13/3/2014).

Berdasarkan riset Ernst & Young bertajuk Winning Through Customer Experience, nasabah yang masuk kategori paling menguntungkan bagi bank adalah mereka yang banyak menyimpan dana di bank, bersedia membayar untuk setiap transaksi pendukung, dan mau membeli beragam produk yang ditawarkan bank.

Kelompok ini, lanjutnya, termasuk segmen nasabah yang cukup rewel dalam hal pelayanan namun bersedia membayar lebih jika merasa nyaman. Sayangnya, tidak mudah untuk mengambil hati segmen nasabah ini, kecuali dengan cara menyediakan berbagai fasilitas untuk mempermudah hidup mereka.

Persentase nasabah yang masuk kategori paling menguntungkan bagi bank mencapai sekitar 34% dari total nasabah perbankan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riset nasabah kaya
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top