Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Restrukturisasi Utang Merpati Temui Jalan Buntu

Penyelesaian masalah di tubuh PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) menemui jalan buntu. Restrukturisasi utang terganjal aturan sehingga kewajiban perseroan melambung menjadi Rp15 triliun.
Ardhanareswari AHP
Ardhanareswari AHP - Bisnis.com 18 September 2014  |  19:08 WIB
Bisnis.com, JAKARTAPenyelesaian masalah di tubuh PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) menemui jalan buntu. Restrukturisasi utang terganjal aturan sehingga kewajiban perseroan melambung menjadi Rp15 triliun.
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan salah satu langkah dalam restrukturisasi Merpati adalah dengan kuasi reorganisasi, sebuah cara untuk menghapus kerugian dalam pembukuan.
 
Pada kasus ini Merpati berencana menghilangkan akumulasi rugi senilai Rp7,2 triliun.
 
Boleh dikata buntu. Ternyata tidak bisa juga [kuasi reorganisasi] karena menurut peraturan yang baru itu tidak bisa lagi. Tidak boleh lagi, terakhir harusnya 2012, 2 tahun lalu, katanya seusai rapat pimpinan BUMN, Kamis (18/9/2014).
 
Jika kuasi reorganisasi dilakukan maka kewajiban utang Merpati pada pemerintah, sejumlah perusahaan BUMN dan swasta berkurang menjadi Rp7,9 triliun.
 
Namun berhubung kuasi reorganisasi tak memungkinkan, utang perusahaan penerbangan pelat merah itu berlipat dua menjadi sekitar Rp15 triliun.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merpati merpati nusantara airlines restrukturisasi utang
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top