Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dalam 10 Tahun, J Trust Tak Boleh Jual Bank Mutiara

Otoritas Jasa Keuangan mensyaratkan J Trust Co. Ltd untuk tidak menjual PT Bank Mutiara Tbk dalam kurun waktu minimal 10 tahun.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan mensyaratkan J Trust Co. Ltd untuk tidak menjual PT Bank Mutiara Tbk dalam kurun waktu minimal 10 tahun.

“Tidak boleh dijual lagi [dalam waktu minimal 10 tahun], seolah-olah didagangi,” ujar Mulyaman di Jakarta, Rabu malam (13/11/2014).

Adapun syarat tersebut diberikan pada J Trust yang telah lulus fit and proper test OJK dan direstui menjadi pemegang saham pengendali (PSP) atas Bank Mutiara.

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon mengatakan OJK telah memeriksa dengan saksama investor asal negeri Matahari Terbit ini selaku calon PSP Bank Mutiara. Menurutnya, beberapa hal yang diselidiki OJK dari J Trust yaitu performa keuangan perusahaan, sumber uang pembelian Bank Mutiara, dan integritas pemegang saham.

Nelson menjelaskan pihaknya juga menggali informasi melalui otoritas keuangan di Jepang dan cabang Bank Indonesia di negara tersebut. Hasilnya, OJK menilai J Trust layak menjadi PSP Bank Mutiara.

Nantinya, menurut Nelson, J Trust tak akan terkena aturan pembatasan kepemilikan. “Tidak terkena batas kepemilikan sebesar 40% untuk bank-bank dalam penyehatan atau penyelamatan,” jelas Nelson.

Adapun, dengan dinyatakan telah lulus fit and proper test tersebut, J Trust bakal menguasai 99,99% saham Bank Mutiara. Sebelumnya, J Trust telah hadir di Tanah Air dengan kepemilikan minoritas atau sekitar 10% atas saham PT Bank Mayapada Internasional Tbk. Investor asal Jepang ini tercatat telah membeli saham Bank Mayapada pada 2013 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper