Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPK: Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan Berpotensi Konflik Kepentingan

Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan potensi terjadinya konflik kepentingan antara Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 16 Desember 2014  |  17:17 WIB
KPK: Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan Berpotensi Konflik Kepentingan
Ilustrasi - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA---Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan potensi terjadinya konflik kepentingan antara Dewan Pengawas dan Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Dewan pengawas itu sendiri terdiri dari berbagai kalangan seperti dari pemerintah, pengusaha, pekerja, ahli dan sebagainya.

Mengacu UU No.24/2011 tentang BPJS, Dewan Pengawas bertugas mengawasi direksi dan menyetujui rencana kerja anggaran tahunan yang disusun direksi.

Ketentuan itu berpotensi menimbulkan konflik kepentingan dan kolusi karena gaji serta operasional Dewan Pengawas juga dibiayai dari anggaran BPJS.

“Karena itu, KPK merekomendasikan kepada Direksi dan Dewan Pengawasan BPJS Ketenagakerjaan untuk membuat kebijakan agar melibatkan pihak eksternal dalam melakukan review rencana anggaran tahunan badan,” tulis KPK dalam keterangan resmi yang dirilis Selasa (16/12/2014).

KPK juga menyarankan pemerintah untuk mengajukan revisi UU BPJS tersebut guna menghilangkan potensi konflik kepentingan antara Dewan Pengawas dalam mengawasi dewan direksi di lembaga hasil pembubaran PT Jamsostek tersebut.

Temuan itu didasarkan dari hasil kajian sistem Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dibuat oleh KPK sejak Februari 2014 dan fokus terhadap aspek regulasi, kelembagaan, kepesertaan, pelayanan, pembiayaan dan pengawasan baik yang dilakukan di tingkat pusat maupun di daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpk konflik direksi bpjs ketenagakerjaan
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top