Agen BRILink Manado Dapat Dua Komisi

Perkembangan jumlah agen perbankan yang dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Kantor Wilayah Manado tergolong cepat, didorong oleh peluang bagi agen untuk memperoleh penghasilan tambahan.
Farodlilah Muqoddam | 07 Januari 2015 19:05 WIB
Ilustrasi - Jibi

Bisnis.com, MANADO -  Perkembangan jumlah agen perbankan yang dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Kantor Wilayah Manado tergolong cepat, didorong oleh peluang bagi agen untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Agen-agen BRI yang disebut dengan nama BRILink tersebut berpeluang mendapatkan dua macam komisi, yakni komisi yang berasal dari bagi hasil dengan bank serta komisi yang diberikan langsung oleh pihak ketiga yang bekerja sama.

Mereka menjalankan fungsi sebagai perpanjangan tangan bank untuk menjangkau masyarakat yang belum tersentuh oleh unit-unit kerja BRI.

Chandra R. Moningka, Regional Electronic Banking Manager BRI Kantor Wilayah Manado, mencontohkan pendapatan yang diperoleh agen BRILink dalam setiap transaksi pembayaran listrik PLN adalah senilai Rp3.000.

“Sebanyak Rp1.500 diberikan langsung oleh PLN, sebagian lagi diberikan oleh BRI sebagai bagian dari pembagian komisi,” ujarnya, Rabu (7/1/2015).

Nilai komisi yang diterima bervariasi, tergantung kesepakatan dengan pihak yang bekerja sama. Selain bekerja sama dengan PLN, BRI juga memfasilitasi pembayaran pulsa telepon dari berbagai provider agar dapat dilakukan oleh agen BRILink.

Selain itu, pada agen BRILink juga dapat memfasilitasi pembayaran berbagai macam cicilan dan angsuran.

Sejak pertama kali meluncurkan program agen perbankan pada akhir September 2014, hingga saat ini  BRI Manado telah memiliki 196 agen.

 

Tag : bri, financial inclusion
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top