Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Sumsel Buka Kas Titipan di Belitung

Bank Indonesia membuka layanan kas titipan di Belitung sejalan dengan perkembangan perekonomian Bangka Belitung sebagai salah satu daerah pertambangan dan tujuan wisata di Indonesia.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG - Bank Indonesia membuka layanan kas titipan di Belitung sejalan dengan perkembangan perekonomian Bangka Belitung sebagai salah satu daerah pertambangan dan tujuan wisata di Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Selatan, Hamid Ponco Wibowo, mengatakan pelayanan kas titipan dilakukan bank sentral bekerjasama dengan bank umum untuk memenuhi kebutuhan uang tunai terutama di daerah terluar dan memiliki prospek pertumbuhan ekonomi yang baik.

"Sampai dengan bulan Desember 2014, terdapat 29 lokasi layanan kas titipan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan beberapa bank umum di dalam negeri," katanya dalam keterangan resmi pembukaan kas keliling di Belitung, Selasa (9/6/15).

Dia mengatakan untuk layanan kas keliling kali ini, BI menggandeng Bank Mandiri Cabang Tanjung Pandan.

Pembukaan kas titipan yang juga disaksikan oleh Bupati Belitung dan Bupati Belitung Timur tersebut diharapkan dapat menjadi momentum bagi peningkatan kualitas uang tunai di Belitung sekaligus menjamin ketersediaan uang tunai bagi perbankan dan masyarakat Belitung.

Selain itu, Ponco menambahkan, keberadaan kas titipan dapat meningkatkan cash management yang lebih baik di perbankan karena biaya pengiriman uang menjadi lebih efisien.

"Akan lebih efisien mengingat pengiriman uang akan dilakukan oleh BI dan idle money yang berlebih di perbankan dapat langsung disetor ke kas titipan,"paparnya.

Menurut Ponco, sudah seharusnya Belitung punya kas titipan mengingat geliat perekonomiannya yang cukup kencang. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper