Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LABA PERBANKAN: Per April 2015 Mandiri & BCA Tumbuh Dua Digit, BRI & BNI Turun Tipis

Perolehan laba PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk mencatat pertumbuhan double digit, masing-masing 16% dan 11,5%.
Ilustrasi/toptenstuffs
Ilustrasi/toptenstuffs

Bisnis.com, JAKARTA -- Perolehan laba PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk mencatat pertumbuhan double digit, masing-masing 16% dan 11,5%.

Berdasarkan laporan publikasi keuangan masing-masing bank ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tidak diaudit, Mandiri mengantongi laba bersih sebesar Rp7,07 triliun sedangkan BCA sebesar Rp5,23 triliun.

Perolehan laba kedua bank tersebut ditopang pendapatan bunga bersih yang masing-masing tumbuh 10,96% dan 11,9%.

Hingga April 2015, Bank Mandiri menyalurkan kredit sebesar Rp480,04 triliun atau tumbuh 14,3% sedangkan pertumbuhan kredit BCA mencapai 5,7% dengan outstanding sebanyak Rp339,04 triliun

Di lain pihak, laba BRI dan BNI turun masing-masing 5,1% dan 1,4%. Pertumbuhan beban bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan bunga menyebabkan pendapatan bunga bersih kedua bank tersebut tertekan.

Beban bunga BRI hingga April 2015 melonjak 50,8% menjadi Rp9,12 triliun sedangkan pendapatan bunga naik 20% menjadi Rp26,7%. Ini terjadi karena pertumbuhan kredit BRI hanya mencapai 8,2% sedangkan dana pihak ketiga (DPK) naik 11,8%.

Sementara itu, laba bersih BNI turun tipis karena pendapatan nonbunga turun 9,37% menjadi Rp2,51 triliun. Ini turut menekan laba bank berlogo 46 itu kendati pendapatan bunga bersih tumbuh dua digit sebesar 12,6%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper