Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SINERGI BUMN: Perum PNRI Jalin Kerja Sama dengan Balai Pustaka

Perusahaan Umum (Perum) Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) melakukan sinergi dengan sesama badan usaha milik negara (BUMN) bidang percetakan, yaitu PT Balai Pustaka.

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan Umum (Perum) Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) melakukan sinergi dengan sesama badan usaha milik negara (BUMN) bidang percetakan, yaitu PT Balai Pustaka.

Kedua perusahaan pelat merah ini sepakat melakukan kerja sama operasi (KSO) dengan ruang lingkup yang sangat luas, mulai produksi hingga pemasaran.

“Perum PNRI dan Balai Pustaka saling memahami perlunya suatu sinergi usaha dalam menghadapi persaingan usaha yang sangat ketat,” kata Direktur Utama Perum PNRI, Djakfaruddin Junus di Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Menurut Djakfaruddin, perjanjian kerja sama itu ditandatangani pada 27 Oktober 2015 lalu.

Dia menjelaskan maksud dan tujuan perjanjian di antara kedua perusahaan pelat merah ini adalah melakukan kegiatan usaha yang berkaitan dengan kerja sama pemanfaatan dan pemasaran jasa percetakan, penerbitan, dan multimedia.

Jenis pekerjaan menurut perjanjian KSO ini meliputi pemasaran dan pencetakan produk sekuritas dan nonsekuritas, pemasaran dan pencetakan flexible packaging, penerbitan dan multimedia, perdagangan bahan baku dan sarana produksi percetakan yang tidak terbatas pada kertas, tinta dan chemical.

Selain itu, meliputi juga riset pemasaran dan kompetensi inti (core), pengembangan pasar ekspor, peningkatan utilisasi sumber daya dari masing-masing pihak, penyusunan anggaran bersama untuk RKAP KSO.

Djakfaruddin menambahkan sinergi ini merupakan tindak lanjut dari rapat dengar pendapat Komisi VI DPR bersama Kementerian BUMN, dan 3 Direktur Utama BUMN yaitu Perum PNRI, PT Balai Pustaka dan Perum PFN.

Ketiga Direktur Utama BUMN diminta untuk melakukan sinergi. Implementasinya pada tahap pertama adalah sinergi antara Perum PNRI dan Balai Pustaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper