Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadapi MEA, Bank Jabar Banten (BJBR) Beri Pembekalan Debitur KCR dan UKM

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (BJBR) memberikan pembekalan kepada para debitur Kredit Cinta Rakyat (KCR) dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk dapat menghadapi tantangan pasar bebas Asean.
Abdalah Gifar
Abdalah Gifar - Bisnis.com 22 Desember 2015  |  14:35 WIB
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk - Bisnis.com
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk - Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG— PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (BJBR) memberikan pembekalan kepada para debitur Kredit Cinta Rakyat (KCR) dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk dapat menghadapi tantangan pasar bebas Asean.

Sebagai bentuk pembekalan yang merupakan kelanjutan dari Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (Pesat), Bank BJB menyelenggarakan kegiatan Seminar Kewirausahaan Debitur KCR dan Pelaku UMKM se-Bandung Raya, pada Selasa (22/12/2015).

Kepala Divisi Corporate Secretary Bank BJB Hakim Putratama mengatakan bergulirnya pasar bebas Asean dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mau tidak mau memberikan dampak dan tantangan bagi pelaku UMKM di Indonesia, khsusunya Jawa Barat.

“Pada Juli lalu Bank BJB telah meluncurkan program Pesat yang ditujukan untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM,” katanya, Selasa (22/12/2015).

Dia memandang idealnya micro banking tidak hana menyangkut masalah pemberian kredit, tetapi juga dapat menjadi mediator dan jaringan bagi pelaku UMKM untuk berinteraksi ataupun bertransaksi satu sama lain.

“Pelaku UMKM juga terbantu dalam meningkatkan kapasitas usahanya melalui pendampingan sampai pada pembinaan manajemen dan usaha para nasabah,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bank BJB melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan sejumlah perguruan tinggi di antaranya Universitas Parahyangan, Universitas Padjadjaran, dan STIE Ekuitas untuk turut membantu peningkatan kapasitas pelaku UMKM.

Hakim berharap acara yang diselenggarakan perseroannya tersebut dapat membuka cakrawala pemikiran pelaku UMKM bahwa MEA merupakan peluang yang baik untuk mengembangkan usaha. Untuk itu, lanjutnya, diperlukan peningkatan kompetensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank jabar banten
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top