Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Riau Kepri Dukung Tingkatkan Peran BUMD Bagi Pembangunan

Bisnis.com, PEKANBARU PT Bank Riau Kepri mendukung upaya Pemprov Riau yang mendorong peningkatan peran dan kontribusi bagi pembangunan oleh badan usaha milik daerah (BUMD).

Bisnis.com, PEKANBARU – PT Bank Riau Kepri mendukung upaya Pemprov Riau yang mendorong peningkatan peran dan kontribusi bagi pembangunan oleh badan usaha milik daerah (BUMD).

Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustari mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya pemprov untuk mendorong peran BUMD bagi pembangunan daerah.

“Tentu itu sangat kami dukung, karena BUMD fungsi utamanya memang membantu perekonomian dan pembangunan daerah,” katanya Sabtu (9/1/2016).

Irvandi mengatakan saat ini pihaknya juga diminta berperan untuk ikut menjadi bagian dalam pembenahan kinerja perusahaan daerah, yaitu lewat tugas sebagai tim penilai pemilihan direktur utama beberapa BUMD seperti PT Sarana Pembangunan Riau dan PT Permodalan Ekonomi Rakyat.

Selain itu, Bank Riau Kepri kata Irvandi siap untuk bersinergi dengan delapan perusahaan daerah lain yang ada di provinsi itu untuk memberikan manfaat lebih besar bagi Riau kedepannya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Riau mendorong peran dari badan usaha milik daerah (BUMD) untuk bisa memberikan dividen atau imbal hasil lebih besar bagi daerah, di saat pendapatan daerah itu merosot karena anjloknya harga minyak mentah di pasar dunia.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masperi mengatakan pemprov saat ini tengah mencari beragam cara agar anggaran daerah itu tidak mengalami defisit akibat berkurangnya pendapatan dari dana bagi hasil migas.

“Beberapa upaya yang akan kami lakukan itu pertama efisiensi anggaran, lalu selanjutkami kami mendorong peran BUMD agar bisa memberikan pemasukan lebih besar bagi Riau,” katanya.

Adapun menurut data Pemprov Riau pada periode 2012 – 2013 lalu nilai dividen dari perusahaan daerah tercatat senilai Rp583 miliar. Dua BUMD penyumbang dividen terbesar yaitu PT Bank Riau Kepri senilai Rp412,18 miliar disusul PT Bumi Siak Pusako senilai Rp147,67 miliar.

Sementara itu, lima perusahaan lainnya yaitu PT Permodalan Ekonomi Rakyat, PT Pengembangan Investasi Riau, PT Sarana Pembangunan Riau, PT Asuransi Bangun Askrida, dan PT Jamkrida Riau, menyumbang sisanya. Pemprov Riau juga mencatat dua BUMD yang tidak memberikan dividen sama sekali yaitu PT Riau Petroleum dan PT Riau Airlines.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper