Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kadin Balikpapan Minta Suku Bunga Kredit Produktif Diturunkan

Kamar Dagang dan Industri Balikpapan meminta agar suku bunga kredit sektor produktif dapat diturunkan untuk menggairahkan minat pelaku usaha untuk meminjam modal kepada perbankan.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 20 April 2016  |  16:15 WIB
Ilustrasi. Kredit usaha rakyat.  - Bisnis.com
Ilustrasi. Kredit usaha rakyat. - Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Kamar Dagang dan Industri Balikpapan meminta agar suku bunga kredit sektor produktif dapat diturunkan untuk menggairahkan minat pelaku usaha untuk meminjam modal kepada perbankan.

Ketua Kadin Balikpapan Yasser Arafat mengatakan suku bunga kredit pada sektor produktif harusnya bisa mengikuti suku bunga acuan bank sentral yang sudah mengalami penurunan secara bertahap.

"Suku bunga acuan bank sentral sudah turun, tapi suku bunga kredit sektor produktif malah tinggi, sekarang masih sekitar 14%-19%. Kalau butuh modal miliaran, berapa bunga yang harus dibayarkan," tuturnya, Rabu (20/4/2016).

Dia berharap pemerintah tak hanya membuat kebijakan yang memudahkan sektor UMKM dalam urusan pinjaman modal dari perbankan, namun juga untuk pelaku usaha menengah dan menengah atas.

Dengan adanya kemudahan permodalan bagi pengusaha menengah dan menengah atas, sedikit banyak perekononiam di daerah akan mendapatkan multiplyer effect dari proyek pembangunan yang dilaksanakan.

"Kalau ada permodalan mudah, proyek yang berjalan bisa saja padat karya dan bisa menumbuhkan ekonomi di daerah," tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suku Bunga kadin batam
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top