Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jamkrindo Sasar Penjaminan Sistem Resi Gudang di Sumsel

Perum Jamkrindo menilai Sumatra Selatan merupakan provinsi yang potensial untuk mendapat jaminan sistem resi gudang dengan komoditas andalan berupa gabah, karet dan kopi.

Bisnis.com, PALEMBANG – Perum Jamkrindo menilai Sumatra Selatan merupakan provinsi yang potensial untuk mendapat jaminan sistem resi gudang dengan komoditas andalan berupa gabah, karet dan kopi.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S Anwar mengatakan perusahaan siap memberi penjaminan sesuai kebutuhan petani di Sumsel.

“Sebanyak-banyaknya, kami siap jamin sistem resi gudang (SRG) di Sumsel karena daerah ini potensial,” katanya di seusai acara sosialisasi penjaminan KUR dan SRG di Palembang, Rabu (10/8/2016).

Diding mengatakan pihaknya berharap pendanaan kepada lembaga pelaksana penjaminan sistem resi gudang (LPPSRG) melalui penyertaan modal negara (PMN) dapat segera cair, sehingga Perum bisa langsung menjalankan kegiatan penjaminan itu.

Jamkrindo sendiri menargetkan penjaminan SRG bisa dilakukan mulai awal tahun depan. Adapun PMN yang disiapkan untuk program tersebut mencapai Rp705 miliar.

Menurut Diding,potensi nilai penjaminan yang bisa dilakukan Jamkrindo dengan besaran PMN tersebut mencapai hingga Rp7 triliun.

Lebih lanjut, Jamkrindo nantinya akan menjamin kegagalan, kelalaian atau ketidakmampuan dan atau kebangkrutan pengelola gedung dalam melaksanakan kewajibannya. Diding mengemukakan tujuan pelaksanaan penjaminan SRG adalah untuk terjaganya stabilitas dan integritas SRG.

“Apabila terjadi kegagalan Pengelola Gudang dalam proses penyelesaian transaksi resi gudang, maka para pelaku dalam SRG masih tetap percaya dengan sistem ini karena tetap terlindungi dengan penggantian maksimum 100 % dari nilai barang taau komoditi yang dimilikinya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dinda Wulandari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper