Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank NTB Siap Pimpin Pendanaan Proyek Pelabuhan

PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat (Bank NTB) menyatakan siap untuk mendukung proyek sindikasi dalam pembangunan infrastrukur terutama pelabuhan di wilayah NTB.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 26 September 2016  |  16:04 WIB
/Bank NTB
/Bank NTB

Bisnis.com, MATARAM -- PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat (Bank NTB) menyatakan siap untuk mendukung proyek sindikasi dalam pembangunan infrastrukur terutama pelabuhan di wilayah NTB.

Direktur Utama Bank NTB Komari Subakir mengatakan dengan masuknya Bank NTB menjadi kategori bank BUKU II, bank daerah bumi gogo rancah ini siap menjadi leader dalam proyek sindikasi.

"Kalau seperti itu [sindikasi] nanti bisa. Pelindo III kan sedang mempersiapkan pemindahan pelabuhan, namanya Gili Mas, nanti di dalam pelaksanaan pembangunan pemindahan itu Bank NTB siap mendukung," ujar Komari saat dihubungi Bisnis, Senin (26/9/2016).

Komari juga mengatakan akan menggandeng bank daerah lain jika nantinya ditetapkan menjadi leader dalam proyek sindikasi yang dibutuhkan untuk membangun pelabuhan tersebut.

"Saat ini masih dalam proses perijinan dan kami sampaikan kesiapan kami dan karena proyeknya kan di sini [NTB], nanti saya akan gandeng BPD lain," tambah Komari.

Menurut Komari, upaya Pelindo III dalam menggandeng bank daerah cukup baik, mengingat potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing daerah saat ini cukup besar.

Selain kesiapan dalam menyediakan pembiayaan, Bank NTB juga telah menyiapkan perangkat perbankan yang dapat digunakan oleh Pelindo III dan rekanan untuk menaruh dana yang dimiliki melalui layanan cash management.

Sebelumnya, PT Pelindo III dengan PT Bank NTB dan PT Bank Jatim telah melakukan penandatanganan MoU tentang Pemanfaatan dan Penggunaan Jasa Layanan Perbankan untuk memberikan kemudahan transaksi bagi para pengguna jasa Kepelabuhan.

Lebih lanjut, Komari mengatakan tujuan spesifik dari pelaksanaan kerjasama ini adalah untuk mempercepat dan mempermudah kelancaran transaksi pembayaran jasa Kepelabuhan antara PT. Pelindo III dengan pengguna jasanya melalui pemanfaatan Delivery Channel Bank guna meningkatkan kinerja usaha dengan prinsip saling menguntungkan.

Tidak hanya itu, kerjasama PT Pelindo III dengan PT Bank NTB juga mencakup pembukaan rekening penerimaan, penempatan deposito, pembayaran gaji secara automasi, pembiayaan pada sektor potensial, dan penerbitan bank garansi untuk pelaksanaan program investasi di lingkungan kerja PT Pelindo III.

Dengan adanya kerjasama ini, Komari berharap bisa memberikam multiplier efek yang positif guna memacu dan mendorong perekonomian daerah Nusa Tenggara Barat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pinjaman sindikasi Bank NTB
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top