Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Riau Kepri Genjot Kredit UKM

Untuk meningkatkan penyaluran kredit ke sektor usaha mikro kecil, PT Bank Riau Kepri terus menggandeng berbagai pihak agar ditunjuk sebagai penyalur pinjaman lunak kepada masyarakat setempat.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 28 Oktober 2016  |  17:40 WIB
/bankriaukepri.co.id
/bankriaukepri.co.id

Bisnis.com, PEKANBARU -- Untuk meningkatkan penyaluran kredit ke sektor usaha mikro kecil, PT Bank Riau Kepri terus menggandeng berbagai pihak agar ditunjuk sebagai penyalur pinjaman lunak kepada masyarakat setempat.

Direktur Utama Bank Riau Kepri mengatakan sampai saat ini pihaknya sudah ditunjuk oleh beberapa lembaga termasuk pemerintah untuk menyalurkan kredit berbunga rendah.

"Selain KUR, saat ini kami sudah dipercaya oleh Kemenkop UKM menjadi penyalur pinjaman Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), bunganya 9% juga," katanya kepada Bisnis, Jumat (27/10/2016).

Dengan penunjukan ini, Bank Riau Kepri optimistis penyaluran pinjaman terus meningkat, karena dana murah itu saat ini dibutuhkan masyarakat.

Data Bank Riau Kepri menunjukkan penyaluran kredit mikro kecil bank daerah itu sudah mencapai Rp1,8 triliun, dengan jumlah debitur sebanyak 25.767 nasabah.

Selain KUR, dan LPDB, Bank Riau Kepri saat ini juga ikut menjadi penyalur pinjaman dana replanting sawit yang dikelola oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit yaitu lembaga yang dibentuk Kemenkeu untuk mendorong replanting perkebunan sawit di Tanah Air.

"Saat ini sudah jalan prosesnya, ada beberapa perkebunan sawit di Rokan Hilir yang mengajukan dana BPDP ini ke kami, dan tahapannya sedang berjalan," katanya.

Bila dibandingkan periode sama tahun lalu, nilai penyaluran kredit sektor usaha mikro kecil oleh Bank Riau Kepri kata Irvandi, hanya mengalami perlambatan sangat kecil, di bawah 1%.

Kondisi ini menurut dia, karena ada debitur yang telah menyelesaikan pinjamannya, dan ada juga debitur baru sebagai nasabah kredit mikro kecil.

"Kami optimistis penyaluran kredit bisa tetap berjalan meski untuk tumbuh cukup berat, jadi kami berupaya menjaga supaya stabil dan tidak turun drastis," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau Darius Husain mengatakan pemprov sangat merasakan dampak pengembangan UKM daerahnya dengan dorongan pembiayaan dari bank daerah dua provinsi tersebut.

"Kami memang merasakan dampak dari pembiayaan UKM oleh Bank Riau Kepri, sehingga pengembangan usaha mikro kecil di Riau tetap berjalan baik," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit ukm bank riau kepri
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top