2016, Premi Sinarmas Jiwa Tumbuh Signifikan

Pendapatan premi PT Asuransi Sinar Mas Jiwa sepanjang 2016 mencapai Rp12,49 triliun, tumbuh signifikan jika dibandingkan perolehan premi pada periode yang sama tahun lalu.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 20 Januari 2017  |  23:43 WIB
2016, Premi Sinarmas Jiwa Tumbuh Signifikan
Asuransi Sinar Mas - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pendapatan premi PT Asuransi Sinar Mas Jiwa sepanjang 2016 mencapai Rp12,49 triliun, tumbuh signifikan jika dibandingkan perolehan premi pada periode yang sama tahun lalu.

Direktur PT Asuransi Sinar Mas Jiwa (Simas Jiwa) I. J. Soegeng Wibowo mengatakan pendapatan premi Rp12,49 triliun pada 2016 melampaui target awal yang diperkirakan perusahaan bisa mencapai kisaran Rp7 triliun. Adapun, pada 2015 total premi yang dibukukan perusahaan hanya Rp519,5 miliar.

Dia menuturkan pertumbuhan premi yang signifikan bisa dicapai karena didorong oleh naiknya penjualan produk asuransi dari saluran distribusi bancassurance.

Menurutnya, dari total premi yang dikumpulkan, saluran bancassurance berkontribusi sebesar 99%, sedangkan 1% sisanya berasal dari saluran lainnya seperti jalur keagenan, corporate, dan direct marketing.

 “Faktor lainnya yang mendorong premi tumbuh sangat tinggi pada tahun lalu juga karena cukup banyak nasabah yang membayarkan premi dalam jumlah yang cukup besar dalam satu kali pembayaran atau single premium,” kata Soegeng di Jakarta pada Jumat (20/1/2017).

Meskipun pendapatan premi perseroan meningkat signifikan, total klaim yang disalurkan perusahaan sepanjang 2016 masih tetap terjaga dengan realisasi Rp1,83 triliun. Klaim yang disalurkan meningkat hingga 282% jika dibandingkan realisasi pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp480,71 miliar.

Sepanjang 2016, jumlah pemegang polis Simas Jiwa tercatat mencapai 20.828 polis atau meningkat 15% jika dibandingkan capaian pada tahun sebelumnya yaitu 18.166 polis. Pada tahun ini, Soegeng menyatakan pihaknya menargetkan bisa menjaring 10.000 nasabah baru.

“Tahun ini kami proyeksikan pertumbuhan premi akan berada pada kisaran 5%-10%. Memang tidak terlalu besar targetnya, karena di tahun ini realisasinya preminya sudah sangat tinggi,” ujarnya.

Untuk mencapai target pertumbuhan di tahun ini, dia mengungkapkan pihaknya masih akan berupaya menggandeng mitra bank baru untuk kerjasama pemasaran produk asuransi. Sepanjang 2017, Simas Jiwa menargetkan bisa menambah mitra bank menjadi 19 bank, atau meningkat dari jumlah mitra di tahun lalu yang mencapai 15 bank.

Dari target 19 bank baru yang akan diajak bekerja sama, di awal tahun ini, Simas Jiwa telah meresmikan kerja sama pemasaran produk asuransi dengan Bank of China (BoC).

Adapun, produk yang akan dipasarkan bersama melalui kerjasama tersebut ialah Simas Dana Berkembang sebagai produk asuransi berbalut investasi atau unit-linked, dan produk Simas Proteksi yang merupakan produk asuransi jiwa tradisional.

“Dari kerja sama pemasaran dengan Bank of China, kami menargetkan bisa meraup premi Rp20 miliar pada tahun pertama,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
asuransi jiwa

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup