Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wakil Kepala PPATK: Perbankan Efektif Cegah Pencucian Uang

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menilai perbankan sangat efektif mencegah praktik pencucian uang.Wakil Kepala PPATK Dian Ediana Rae mengatakan, perbankan mampu mendeteksi praktik kejahatan tersebut. Sehingga kontribusi perbankan dapat menjaga integritas sistem keuangan dan stabilitas perekonomian.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 01 Mei 2017  |  21:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menilai perbankan sangat efektif mencegah praktik pencucian uang.

Wakil Kepala PPATK Dian Ediana Rae mengatakan, perbankan mampu mendeteksi praktik kejahatan tersebut. Sehingga kontribusi perbankan dapat  menjaga integritas sistem keuangan dan stabilitas perekonomian.

"Kita harus akui masih terdapat sejumlah bank yang kurang menerapkan prosedur Know Your Customer (KYC) ketika sejumlah dana besar masuk, karena ada target pendapatan yang harus diperoleh. Kami harus ingatkan bahwa pendeteksian dini dimulai dari perbankan,” kata Dian dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Senin (1/5/2017).

Menurutnya,  pola transaksi keuangan para pelaku pencucian uang akan semakin rumit. Lembaga intelijen keuangan itu pun akan berkontribusi dalam membantu proses analisis transaksi keuangan mencurigakannya.

"Ke depan, tidak perlu ada lagi alasan administratif seperti keterlambatan pelaporan maupun laporan transaksi yang tidak berkualitas yang disampaikan kepada PPATK. Profil para nasabah juga perlu di-update secara berkala karena sangat penting dalam penerapan KYC/CDD yang berkualitas." tambahnya.

Selain itu, kata dia,  reputasi perbankan harus dijaga dengan baik. Selain 'rush money',perbankan juga perlu mewaspadai terjadinya praktik pengambilan uang secara diam-diam oleh nasabah karena reputasi dari perbankan yang tidak baik.

"PPATK juga sedang membangun database Politically Exposed Persons (PEPs). Database ini akan menjadi kunci kerjasama antara perbankan dengan PPATK dalam rangka pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang," urai Dian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ppatk pencucian uang know your customer
Editor : Lutfi Zaenudin

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top