Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LPS: Kredit dan DPK Berpotensi Tumbuh Lebih Tinggi

JAKARTALembaga Penjamin Simpanan (LPS) meningkatkan proyeksi pertumbuhan kredit dan penghimpunan dana pihak ketiga pada tahun ini, setelah melihat realisasi kinerja perbankan pada kuartal I/2017.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 13 Juni 2017  |  17:01 WIB
LPS: Kredit dan DPK Berpotensi Tumbuh Lebih Tinggi
Stiker Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tertempel di pintu salah satu bank di Jakarta. - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA—Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) meningkatkan proyeksi pertumbuhan kredit dan penghimpunan dana pihak ketiga pada tahun ini, setelah melihat realisasi kinerja perbankan pada kuartal I/2017.

Direktur Grup Risiko Perekonomian dan Sistem Keuangan LPS Moch. Doddy Ariefianto mengatakan, sebelumnya lembaga tersebut memproyeksikan pertumbuhan kredit pada tahun ini akan berada pada kisaran 9,2% dibandingkan tahun lalu, sedangkan dana pihak ketiga diperkirakan akan tumbuh 7,2%.

Namun demikian, realisasi pertumbuhan kredit maupun dana pihak ketiga hingga kuartal I/2017 ternyata melebihi ekspektasi.

LPS mencatat pertumbuhan kredit perbankan pada Maret 2017 tumbuh 9,24% secara year on year. Adapun penghimpunan DPK meningkat 10,01% (yoy). Dengan demikian per kuartal I/2017, rasio kredit terhadap simpanan (LDR) bertahan di kisaran 88,88%.

“Proyeksi kami sekarang up side risk untuk kredit dan DPK, artinya realisasi pertumbuhan kami proyeksikan lebih condong ke atas bisa menembus 10% untuk kredit dan 8% sampai 9% untuk DPK,” ucapnya kepada Bisnis, Selasa (13/6/2017).

Revisi proyeksi kredit dan DPK tersebut akan dirilis pada Juli 2017. Seharusnya LPS meluncurkannya pada Juni tetapi terpotong banyak hari libur terutama libur Idulfitri. Oleh karena itu, revisi akan diumumkan rencananya pada pertengahan bulan depan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lps pertumbuhan kredit
Editor : Farodilah Muqoddam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top