Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tren Sedekah Online Kini Kian Diminati Masyarakat.

Sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, manusia cenderung memiliki rasa untuk saling berbagi. Memberi sebagian harta kepada orang yang tidak mampu atau bersedekah sudah menjadi rutinitas yang tidak ditinggalkan bagi sebagian besar masyarakat, khususnya umat muslim
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 18 Juli 2017  |  05:04 WIB
Internet - Ilustrasi
Internet - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, manusia cenderung memiliki rasa untuk saling berbagi. Memberi sebagian harta kepada orang yang tidak mampu atau bersedekah sudah menjadi rutinitas yang tidak ditinggalkan bagi sebagian besar masyarakat, khususnya umat muslim.

Untuk bersedekah seseorang biasanya datang ke masjid atau yayasan yang bisa menampung dana tersebut sebelum akhirnya disalurkan kepada orang-orang yang berhak. Seiring dengan berkembangnya teknologi sistem pembayaran digital kini masyarakat dapat bersedekah melalui ponsel pintarnya hanya dengan satu kali klik.

Sedekah melalui sistem pembayaran digital ternyata makin diminati masyarakat sekarang ini karena kemudahan mengakses. Beragam aplikasi donasi online pun sudah tersedia untuk mendukung kemudahan tersebut, di antaranya Bazis Jakarta dan Rumah Zakat. Selain itu, GO-PAY, dompet elektronik dari penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi GO-JEK kini telah menjadi wadah bersedekah. 

Vice President of Business Intelligence GO-JEK Cyrstal Widjaja menyatakan selama Ramadan tahun ini, lebih dari 3.000 pengguna GO-JEK tercatat telah berdonasi lewat GO-PAY hingga mencapai angka Rp100 juta pada Ramadan tahun ini, memberikan kenaikan donasi sebesar 60% dibandingkan tahun lalu.

Donasi tersebut terkumpul lewat program #RamadanTanpaBatas yang digagas GO-JEK. Selain itu, aktivitas kebaikan yang meningkat selama Ramadan ditunjukkan dengan fitur pemberian “tip” kepada mitra pengemudi melalui GO-PAY yang menjadi sangat populer. 

Cyrstal Widjaja memaparkan, pada bulan-bulan lainnya, hanya 1 dari 5 pemesan memberikan tip untuk pengemudi melalui aplikasi via GO-PAY, akan tetapi selama Ramadan tahun ini pemberian meningkat menjadi 1 dari 4 pemesan yang memberikan tip nya.

“Ini menambah tambahan pendapatan sebesar Rp400.000.000 per harinya untuk mitra pengemudi aktif kami,” kata Crystal lewat keterangannya, Senin (17/7/2017).

Tradisi THR (Tunjangan Hari Raya) yang sudah melekat di masyarakat Indonesia menjelang Lebaran juga jadi salah satu cara merayakan hari  istimewa tersebut. Tahun ini, perusahaan start-up tersebut menemukan bahwa banyak orang yang menggunakan fitur transfer melalui GO-PAY sebagai cara pemberian THR kepada teman dan keluarga mereka. Data perusahaan menunjukkan kenaikan 25,7% jumlah uang yang ditransfer melalui GO-PAY selama Ramadan dibandingkan sebelumnya. 

Sementara itu, Ekonom yang juga Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Kodrat Wibowo mengatakan aktivitas transaksi uang secara digital atau non tunai merupakan tren yang sekarang terjadi tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi di seluruh dunia. Selain mudah dan cepat, pengguna juga dapat mengatur keuangannya dengan lebih efisien karena didukung dengan fitur laporan melalui email, sms. 

“Sekarang customer juga tidak harus bertemu secara fisik dan donasi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah,” katanya. Dia menambahkan, sistem pembayaran digital di Indonesia sudah cukup baik dengan didukung oleh kesiapan teknologi di Indonesia yang sudah lebih maju dibandingkan negara berkembang lainnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sedekah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top