Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gojek Akuisisi Tekfin, Ini Penjelasan dari BI

Bisnis.com, JAKARTABank Indonesia mewajibkan perusahaan jasa sistem pembayaran yang berencana melakukan ekspansi dan pengembangan bisnis harus mendapatkan persetujuan dari bank sentral selaku regulator sistem pembayaran.
Surya Rianto
Surya Rianto - Bisnis.com 17 Desember 2017  |  15:05 WIB
Gojek Akuisisi Tekfin, Ini Penjelasan dari BI
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Bank Indonesia mewajibkan perusahaan jasa sistem pembayaran yang berencana melakukan ekspansi dan pengembangan bisnis harus mendapatkan persetujuan dari bank sentral selaku regulator sistem pembayaran. 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Agusman mengatakan, kewajiban untuk mendapatkan persetujuan dari bank sentral sebelum melakukan inovasi atau pengembangan bisnis bertujuan untuk memastikan keamanan sistem, perlindungan konsumen, dan keamanan nasional. 

"Dengan demikian perusahaan jasa sistem pembayaran bisa melakukan rencana itu bila sudah mendapatkan persetujuan dari BI," ujarnya dalam keterangan resmi pada Minggu (17/12/2017). 

Adapun, Gopay sebagai salah satu perusahaan jasa sistem pembayaran yang telah memperoleh izin dari BI sebagai penerbit uang elektronik dan penyelenggara transfer dana di Indonesia disebut telah mengambil alih saham yang dilakukan pemilik pengelola aplikasi Gopay baru-baru ini.

Untuk itu, BI akan melakukan penelitian lebih lanjut dalam rangka pengawasan sistem pembayaran demi memastikan kegiatan usaha sudah dijalankan sesuai dengan izin yang dimiliki serta taat dengan ketentuan yang berlaku. 

Dalam melakukan penelitian kepada perusahaaan sistem pembayaran maupun pihak yang ingin mengajukan izin sebagai perusahaan sistem pembayaran, bank sentral akan melakukan pendalaman dari sudut teknologi informasi, persyaratan dokumen, dan aspek operasional lainnya. 

BI juga akan melihat struktur kepemilikan dari sudut pandang yang lebih luas dengan menerapkan consolidated supervision, apabila perusahaan itu bagian dari sebuah grup usaha. 

Lalu, bila terdapat perusahaan jasa sistem pembayaran yang terbukti melanggar ketentuan, BI akan melakukan pemeriksaan dan tindakan pengawasan yang dipandang perlu untuk memastikan perlindungan konsumen dan keamanan sistem pembayaran.

Go-Jek yang memiliki teknologi finansial (Tekfin) Go-Pay diberitakan melakukan akuisisi tiga perusahaan tekfin yakni, Kartuku, Midtrans, dan Mapan.  

Dalam catatan Bisnis, Kartuku, Midtrans, dan Mapan kini memproses total transaksi lebih dari Rp67,5 triliun per tahun, baik melalui kartu kredit, debit maupun dompet digital untuk para pengguna, penyedia jasa dan para merchant mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Gojek
Editor : Farodlilah Muqoddam
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top