Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Keunikan Cinta, Channel Aplikasi Berbasis Chatting Anyar dari BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk BNI meluncurkan channel baru berbasis chatting dengan nama Cinta untuk melayani generasi digital dalam melakukan transaksi perbankan.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk BNI meluncurkan channel baru berbasis chatting dengan nama Cinta untuk melayani generasi digital dalam melakukan transaksi perbankan.

Cinta, yang merupakan singkatan dari Chat with your INTelligent Advisor, adalah kanal baru dari BNI yang didesain khusus untuk memberikan pengalaman baru dalam mendapatkan layanan keuangan, dengan 3 value utama, yaitu thoughtfulness, familiarity, dan simplicity. Tiga value utama ini dapat diberikan oleh Cinta atas dukungan teknologi terkini, yaitu chatbot dan artificial intelligence (AI).

Soft launching Cinta dilaksanakan di yap! Experience Booth, Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival 2018, Jakarta, Minggu (4/3/2018) disaksikan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Komisaris BNI Joni Swastanto, SEVP Teknologi Informasi BNI Dadang Setiabudi, dan General Manager Electronic Banking Division BNI Anang Fauzie.

Rudiantara sempat menjajal layanan aplikasi chatting tersebut. Dari telepon pintarnya yang terhubung ke layar monitor, Rudi mencoba mengetikkan sejumlah pesan singkat yang kemudian mendapat respons dari sistem berbasis artificial intelligence tersebut.

Sebagai informasi, Chatbot merupakan program komputer yang dapat berkomunikasi dalam format percakapan. Program ini dirancang untuk dapat mensimulasikan bagaimana manusia akan saling merespon dalam suatu percakapan.

Ini Keunikan Cinta, Channel Aplikasi Berbasis Chatting Anyar dari BNI

Rudiantara mengatakan, ke depan sebaiknya dibuka peluang untuk menggunakan aplikasi chatting yang diciptakan oleh anak negeri atau anak-anak muda berbakat dan kreatif asli Indonesia. Dan tidak menutup kemungkinan penggunaan aplikasi Cinta untuk menjawab pertanyaan pengguna yang memakai bahasa daerah di Indonesia.

Menurut Dadang Setiabudi, thoughtfulness merupakan keunggulan aplikasi Cinta. Dalam hal ini Cinta memiliki kemampuan mempelajari dan menganalisa perilaku pengguna aplikasi chat, sehingga dapat mengerti keinginan penggunanya.

Cinta dapat memberikan penawaran produk, transaksi, dan program promo yang sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan masing-masing pengguna. Cinta memiliki kemampuan ini karena didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI).

Dadang menambahkan, keutamaan lain Cinta adalah Familiarity. Di mana BNI melalui Cinta memanfaatkan budaya chatting atau bercakap yang sudah akrab dengan masyarakat sebagai alat utama untuk melakukan transaksi perbankan.

Teknologi chatbot yang dilengkapi oleh natural language processing (NLP), membuat Cinta dapat bercakap dengan bahasa kasual sehingga masyarakat merasa seperti sedang chatting dengan manusia.

“Adapun Simplicity dalam hal ini memberikan kemudahan akses perbankan bagi masyarakat, tanpa ribet, yaitu cukup dengan menambahkan BNI Cinta sebagai teman  melalui aplikasi pesan. Semoga semakin banyak dan luas masyarakat yang mendapatkan layanan informasi serta bertransaksi perbankan di BNI dengan adanya kemudahan akses melalui Cinta ini,” kata Dadang.

Anang Fauzie menuturkan, saat ini Cinta hadir di beberapa aplikasi chatting terpopuler, yaitu Facebook Messenger dengan nama BNI CINTA dan di Twitter dengan nama @bni_cinta. Dalam waktu dekat, akan ditambahkan di aplikasi LINE dengan nama BNI CINTA (profile ID @bnicinta).

Adapun fiturnya mencakup informasi produk layanan, program promosi, serta locator untuk ATM, Cabang BNI dan Agen 46.

“Fitur ini akan segera dikembangkan dengan pelayanan perbankan seperti pembukaan rekening, pembayaran/ pembelian, akses layanan permodalan bagi usaha kecil dan menengah, serta produk layanan lain seperti asuransi, kartu kredit, dan pinjaman konsumer. Cinta juga terintegrasi dengan yap! dan channel digital BNI lainnya seperti Mobile Banking, BNI contact center, Agen46, dan ATM.”

Anang menambahkan, pihaknya senantiasa berinovasi dengan teknologi terkini dan membuka lebar peluang kolaborasi dengan fintech/ startup.

“Cinta adalah Intelligent Advisor yang merupakan hasil kolaborasi antara BNI dengan startup AI BJTech, yang dipersembahkan bagi masyarakat luas demi kemajuan bangsa dan menghadapi tantangan revolusi industri ke 4.”

Menurutnya, trend industri keuangan global sudah memasuki era industri keuangan 4.0 (Banking 4.0). Presiden Jokowi meminta perbankan Indonesia segera beradaptasi terhadap perkembangan industri tersebut yang serba digital.

“BNI melihat trend dan tantangan tersebut di atas sebagai peluang dan menyiapkan berbagai service digital. Sebelumnya BNI telah meluncurkan yap! (dompet elektronik dengan 3 pilihan sumber dana) dengan media QR code sebagai media transaksi yang mudah dan murah,” ujarnya.

Sebagai informasi, Chatbot merupakan program komputer yang dapat berkomunikasi dalam format percakapan.  Program ini dirancang untuk dapat mensimulasikan bagaimana manusia akan saling merespon dalam suatu percakapan.      

Artificial intelligence (AI) adalah merupakan kecerdasan buatan yang ditambahkan pada suatu sistem yang bisa diatur dengan formula sesuai dengan kebutuhan. AI ini juga merupakan learning machine yang mampu melakukan analisa perilaku orang yang berhubungan dengannya.

AI ditanam di dalam chatbot, sehingga dalam berkomunikasi chatbot dapat mengenali profile pengguna dan mengarahkan percakapan sesuai profiling-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper