Integrasi Doku dan Bosbis, Pesan Tiket Bus Lebih Mudah

Melalui integrasi ini, penumpang bus antar kota antar propinsi (AKAP) maupun bus antar kota dalam propinsi (AKDP) bisa lebih mudah dalam melakukan pemesanan dan pembayaran tiket secara dalam jaringan (daring).
Asteria Desi Kartika Sari | 05 Maret 2018 19:59 WIB
Vice President Marketing DOKU Ayu Hapsari (dari kanan) bersama Chief Marketing Officer Himelda Renuat, dan pemenang Generasi Irit Ngasilin Duit (Genit Coolabs) mengamati hasil karya kompetisi , di Jakarta, Jumat (12/1). - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — Doku, penyedia solusi pembayaran elektronik lokal pertama di Indonesia, kembali memperluas ekosistem cashless di sektor transportasi. Mereka mengintegrasikan payment gateway dan Doku e-Wallet ke dalam aplikasi dan layanan pemesanan tiket bus daring, www.bosbis.com.

Melalui integrasi ini, penumpang bus antar kota antar propinsi (AKAP) maupun bus antar kota dalam propinsi (AKDP) bisa lebih mudah dalam melakukan pemesanan dan pembayaran tiket secara dalam jaringan (daring).

Sosialisasi perdana untuk layanan pesan tiket online yang didukung sepenuhnya oleh Kementerian Perhubungan bersama dengan Organda ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran program “Touch Click and GO” di Car Free Day, Minggu (4/3/2018).

“Kami sangat bangga dapat terlibat dalam proyek kolaborasi e-ticketing yang digagas oleh Kementerian Perhubungan ini. Kami berharap dengan adanya layanan dan aplikasi Bosbis para penumpang bus dapat lebih leluasa mengakses informasi dan mudah melakukan pembelian tiket bus dari mana dan kapan saja, tak perlu repot pergi ke stasiun dan antri di loket,” kata Himelda Renuat, Chief Marketing Officer Doku melalui keterangan tertulis, Senin (5/2/2018).

Demi kenyamanan penumpang,lanjutnya, selain pesan dan bayar tiket bus secara online, para calon penumpang juga memiliki opsi untuk membayar tiket yang sudah dipesan melalui gerai Alfamart yang tersebar di seluruh Indonsia atau beli tiket langsung di beberapa terminal percontohan melalui vending machine tiket.

Penumpang bus akan lebih mudah dalam melakukan pemesanan tiket, karena layanan dan aplikasi Bosbis sudah terkoneksi ke Bus Integration System (B.I.S) yang digunakan oleh Perusahaan Otobus (PO) untuk melakukan manajemen armada, harga, penjatahan kursi, keagenan tiket dan lain-lain. Dengan begitu, penumpang bisa memesan tiket, memilih kursi, dan membayar hanya dalam hitungan detik. Tidak perlu pergi ke stasiun dan antri di loket.

Cukup mengakses www.bosbis.com ataupun aplikasi Bosbis untuk memesan tiket bus dengan lebih dari 300 operator perusahaan otobus dan penyedia jasa transportasi shuttle maupun travel yang telah bergabung di dalamnya.

“Integrasi Doku-Bosbis adalah bentuk komitmen kami dalam upaya mendukung GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) yang digalakkan pemerintah dan Bank Indonesia, sekaligus upaya untuk memperluas ekosistem cashless di sektor transportasi,” tambahnya.

Sebelumnya, sistem pembayaran Doku juga sudah digunakan untuk moda transportasi udara, kereta, ride sharing, dan juga laut.

Tag : IHSG, finansial, sistem pembayaran
Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top