Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Skimming, BRI Manado Perketat Pengawasan ATM

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Wilayah Manado memperketat pengawasan mesin ATM pascaterjadinya kejahatan skimming yang menimpa 33 nasabah di Kediri.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Wilayah Manado memperketat pengawasan mesin ATM pascaterjadinya kejahatan skimming yang menimpa 33 nasabah di Kediri.

Pemimpin Wilayah BRI Manado D. Adiyanto mengatakan langkah pengecekan Automatic Teller Machine (ATM) menjadi upaya untuk memitigasi risiko terjadinya hal serupa di wilayah kerjanya.

“Langkah kami patroli di seluruh ATM,” ujarnya, Minggu (18/3/2018).

Selain menjalankan pengawasan, pihaknya juga mengimbau agar seluruh nasabah BRI terus menjaga kerahasiaan informasi baik personal identification number (PIN), password, dan data pribadi lain dari pihak manapun melalui pesan singkat, telepon, dan media lainnya.

Seperti diketahui, skimming merupakan kejahatan perbankan dengan modus penggandaan kartu ATM nasabah. Informasi kartu kredit atau debit dicuri dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal.

Modus yang digunakan salah satunya dengan memasang Wifi Pocket Router disertai kamera yang dimodifikasi menyerupai penutup PIN pada mesin-mesin ATM untuk mencuri PIN nasabah. Melalui alat itu, oknum menduplikasi data magnetic stripe dan meng-kloning-nya ke kartu ATM kosong.

Pembobolan rekening dengan metode skimming, sambung Adiyanto, bukan model kejahatan baru dan hal serupa bisa menimpa bank lain.

Atas kejadian di Kediri, BRI sudah menerima 33 laporan dengan total kerugian nasabah sekitar Rp145 juta dan seluruhnya telah diganti oleh bank ini.

Adiyanto juga meminta agar nasabah dan masyarakat umum tidak panik serta lebih bijak dalam menanggapi segala informasi dari sumber yang tidak dapat bertanggungjawab. BRI tidak segan menempuh jalur hukum jika ada pihak yang menyebarkan berita hoax, tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper