Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Andalan Finance Terima Kredit dari Bank BCA Rp300 Miliar

PT Andalan Finance Indonesia (Andalan Finance) menerima tambahan fasilitas kredit dari Bank BCA sebesar Rp300 miliar dalam bentuk installment loan untuk mendukung penyaluran pembiayaan sepanjang 2018.
Uang rupiah./Bloomberg-Brent Lewin
Uang rupiah./Bloomberg-Brent Lewin
Bisnis.com, JAKARTA - PT Andalan Finance Indonesia (Andalan Finance) menerima tambahan fasilitas kredit dari Bank BCA sebesar Rp300 miliar dalam bentuk installment loan untuk mendukung penyaluran pembiayaan sepanjang 2018.
 
Presiden Directur Andalan Finance Frans F. Rundengan mengatakan, kerjasama ini merupakan bukti terjalinnya hubungan baik serta tingginya tingkat kepercayaan Bank BCA kepada Andalan Finance. 
 
Tahun ini Andalan Finance menargetkan kebutuhan pendanaan mencapai Rp6 triliun dan tetap fokus pada pembiayaan kendaraan roda empat, baik baru maupun bekas.
 
Dalam segi pendanaan, Andalan Finance telah bekerja sama dengan berbagai mitra perbankan nasional untuk mendukung modal kerja perusahaan. Selain yang berasal dari modal sendiri, portofolio sumber pendanaan Andalan Finance sejauh ini lebih banyak berasal dari pinjaman bank, baik dalam bentuk kerja sama bilateral maupun kredit sindikasi.
 
“Fasilitas pendanaan tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung target penyaluran pembiayaan sampai dengan akhir 2018 yang kami proyeksikan mencapai Rp 4,8 triliun atau tumbuh sebesar 8% dibanding penyaluran pembiayaan tahun 2017,” ujar Frans dikutip Bisnis.com, Senin (26/3/2018). 
 
Kerjasama ini sejalan dengan prediksi kinerja industri pembiayaan dan pasar otomotif yang akan membaik pada tahun 2018 ini. 
 
“Untuk menopang pertumbuhan pembiayaan tahun ini, Andalan Finance dalam waktu dekat akan memperoleh tambahan fasilitas kredit kembali dari perbankan sekitar Rp 1 triliun dan pendanaan Medium Term Notes (MTN) hingga mencapai Rp 2 triliun di tahun 2018 ini,” katanya.
 
Terjaganya fasilitas kredit turut mendukung kesinambungan laba di PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk. (Bintraco Dharma) dengan kode saham CARS, sebagai induk usaha dari Andalan Finance. Kesinambungan laba ini akan menjaga profitabilitas Bintraco Dharma, khususnya setelah penyelesaian proses peningkatan kepemilikan di PT Bahtera Multi Niaga pada akhir Desember 2017. 
 
Peningkatan saham ini turut meningkatkan kontribusi laba dari anak-anak usahanya, salah satunya Andalan Finance pada tahun ini. Bintraco Dharma akan terus memaksimalkan pertumbuhan laba dari kemitraan strategis dan pengembangan bisnis di tahun 2018 dengan pemanfaatan dana hasil IPO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Anggi Oktarinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper