Modalku Raih Pendanaan Seri B Senilai US$25 Juta

Platform peer-to-peer (P2P) lending Modalku dan Funding Societies, bagian dari Funding Asia Group, meraih pendanaan seri B senilai US$25 juta atau hampir Rp350 miliar dari kelompok investor yang dipimpin oleh SoftBank Ventures Korea.
Annisa Margrit | 18 April 2018 12:04 WIB
Ilustrasi Modalku - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Platform peer-to-peer (P2P) lending Modalku dan Funding Societies, bagian dari Funding Asia Group, meraih pendanaan seri B senilai US$25 juta atau hampir Rp350 miliar dari kelompok investor yang dipimpin oleh SoftBank Ventures Korea.

Tahap pendanaan ini juga mencakup investor terdahulu seperti Sequoia India, Alpha JWC Ventures dari Indonesia, serta Golden Gates Ventures. LINE Ventures, Qualgro, dan Mahanusa Capital turut berinvestasi.

Modalku menyatakan ronde pendanaan ini merupakan pendanaan seri B terbesar yang diraih P2P lending Asia Tenggara. Adapun dana yang diperoleh akan digunakan menciptakan produk inovatf serta membangun user experience yang lebih baik bagi para pelanggannya.

Adapun Funding Societies adalah entitas perusahaan yang digunakan di Malaysia dan Singapura.

Modalku menjadi platform pinjaman digital yang menghubungkan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, Singapura, dan Malaysia dengan pemberi pinjaman individu maupun institusi. Pada Januari 2018, Modalku mencairkan pinjaman sebesar Rp1 triliun.

Pada 2017, kinerja perseroan meroket hingga 950% dibandingkan tahun sebelumnya dan mempertahankan default di bawah 1,5%. Secara regional, tercatat ada lebih dari 60.000 pemberi pinjaman yang terdaftar di Modalku dan Funding Societies.

"Ini adalah masa yang sungguh menarik bagi P2P lending di Asia Tenggara dan Modalku memimpin perubahan yang terjadi melalui akses modal usaha yang cepat, terjangkau, dan praktis bagi UKM lokal. Dukungan dari investor ternama menjadi validasi bagi model bisnis dan dampak yang kami ciptakan," ujar Co-Founder dan CEO Modalku Reynold Wijaya, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (18/4/2018).

SoftBank Ventures Korea adalah perusahaan modal ventura tahap awal dan bagian dari SoftBank Group. SoftBank Group, dikenal dengan Vision Fund US$100 miliar, merupakan investor bagi penyedia kredit alternatif seperti SoFi dan Kabbage di AS.

Perusahaan itu juga sudah lama menjadi investor bagi sejumlah perusahaan teknologi, seperti Uber, Grab, dan Tokopedia.

"Selama ini, SoftBank Ventures Korea telah aktif berinvestasi di Asia Tenggara. Kami melihat potensi besar bagi pinjaman digital untuk UKM di wilayah ini," tutur Partner dan Managing Director SoftBank Ventures Korea Sean Lee.

Dia melanjutkan Modalku memiliki prestasi yang cukup baik dan diraih dalam waktu relatif singkat. Selain itu, perusahaan tersebut dinilai memiliki potensi untuk terus menjadi yang terbaik.

Sementara itu, Principal Sequoia Capital (India) di Singapura Pieter Kemps mengungkapkan pihaknya sudah mendanai Reynold dan Kelvin Teo, duo pendiri Modalku, sejak sebelum mereka lulus dari Harvard Business School.

Adapun Alpha JWC merupakan investor pertama Modalku dan Funding Societies, yang turut serta dalam pendanaan seri A dan seri B perusahaan. Golden GAte Ventures adalah salah satu investor awal Carousell, sedangkan Qualgro merupakan perusahaan modal ventura yang didirikan oleh Heang Chor dari McKinsey & Co dan Jason Edwards dari Baker & McKenzie.

Selain mendapat pendanaan seri B, Modalku juga memperoleh komitmen penyaluran kredit dari bank dan institusi keuangan untuk pemberdayaan UKM. Namun, tidak disebutkan berapa nilainya serta siapa saja yang terlibat.

Tag : fintech
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top