Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran, Pembiayaan Kendaraan Bekas Bisa Tumbuh Hingga 20%

Sejumlah perusahaan pembiayaan membidik penyaluran pembiayaan kendaraan bekas dapat tumbuh hingga 20% pada kuartal II/2018 yang bertepatan dengan lebaran.
Multifinance/Istimewa
Multifinance/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah perusahaan pembiayaan membidik penyaluran pembiayaan kendaraan bekas dapat tumbuh hingga 20% pada kuartal II/2018 yang bertepatan dengan lebaran.

Salah satu perusahaan pembiayaan yang membidik pertumbuhan 20% pada kendaraan bekas yakni PT Adira Multi Dinamika Finance Tbk.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menyampaikan, seluruh portofolio umumnya akan mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Adapun, kendaraan bekas memiliki pangsa pasar tersendiri.

"Dengan uang yang sama bisa mendapatkan model yang lebih bagus daripada membeli baru. Dan biasanya juga cepat karena barang sudah langsung tersedia," katanya.

Perseroan menargetkan penyaluran pembiayaan kendaraan bekas, baik kendaraan roda dua dan roda empat, pada kuartal II dapat meningkat hingga 20% dari kuartal I 2018. Mobil bekas jenis MPV dan kendaraan roda dua jenis skutik masih menjadi favorit nasabah pembiayaan.

Meski Adira Finance memiliki momobil.id, sebuah platform yang mempertemukan penjual dan pembeli kendaraan bekas, tetapi belum memberikan kontribusi signifikan terhadap total penyaluran pembiayaan kendaraan roda empat bekas.

Hafid mengatakan, momobil.id saat ini sedang dalam tahap perkenalan dan penetrasi pasar sehingga kontribusinya belum begitu besar. Namun, dia berharap momobil.id ke depan dapat memberikan kontribusi signifikan.

Total penyaluran pembiayaan Adira Finance pada kuartal pertama 2018 sebesar Rp8,7 triliun atau meningkat 19,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan pembiayaan baru didorong oleh meningkatnya penjualan sepeda motor baru dan mobil baru.

Direktur Utama PT BCA Finance Roni Haslim menjelaskan, jika melihat tren dari tahun ke tahun, penyaluran pembiayaan kendaraan bekas selalu meningkat pada bulan puasa. Perseroan menargetkan penyaluran pembiayaan kendaraan bekas sepanjang bulan puasa dan lebaran dapat lebih tinggi atau sekitar 10%.

Wilayah sekitar Jabotabek masih menjadi kontributor terbesar terhadap total penyaluran pembiayaan. Gune menjaring lebih banyak nasabah, pihaknya akan menyiapkan sejumlah promo menarik sepanjang bulan puasa dan lebaran.

"Harapan kami semoga bisa meningkat," imbuhnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper