Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Berkat GPN, Sistem Pembayaran Berhemat Rp7,23 Miliar Per Hari

Bisnis.com, JAKARTA Sistem Pembayaran Indonesia berhemat Rp7,23 miliar per hari berkat implementasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 12 Juli 2018  |  17:41 WIB
Berkat GPN, Sistem Pembayaran Berhemat Rp7,23 Miliar Per Hari
Pengunjung mengamati kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Kamis (3/5/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sistem Pembayaran Indonesia berhemat Rp7,23 miliar per hari berkat implementasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional BI Pungky Wibowo mengatakan, efisiensi tersebut berasal dari dua komponen yaitu penyesuaian biaya merchant discount rate (MDR) dan penurunan biaya lisensi penggunaan logo internasional.

"Tinggi sekali minat untuk menggunakan kartu GPN. Potensi net savings adalah Rp7,23 miliar per hari," katanya di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Dia menjelaskan, nilai tersebut berasal dari selisih antara peningkatan biaya MDR untuk transaksi on us sebesar Rp 24,23 miliar dan penurunan biaya transaksi off us sebesar Rp 17 miliar.

Transaksi on us adalah transaksi kartu debit pada mesin (ATM atau EDC) milik bank yang sama. Sedangkan transaksi off us adalah kebalikannya, yakni penggunaan kartu debit pada mesin bank lain.

Selain itu, kewajiban penggunaan logo nasional GPN pada kartu ATM dan debit dengan tidak mengikutsertakan logo prinsipal internasional juga menurunkan porsi fee yang harus dibayarkan ke prinsipal luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sistem pembayaran
Editor : Farodlilah Muqoddam
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top