OJK Setuju MUFG Tambah Porsi Saham di Bank Danamon

Akuisisi saham tambahan PT Bank Danamon Indonesia Tbk. oleh MUFG Bank, Ltd. (MUFG Bank) sebesar 20,1% mendapatkan lampu hijau dari Otoritas Jasa Keuangan.
Nirmala Aninda | 31 Juli 2018 13:33 WIB
Karyawan melayani nasabah di Kantor Cabang Bank Danamon, Jakarta - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Akuisisi saham tambahan PT Bank Danamon Indonesia Tbk. oleh MUFG Bank, Ltd. (MUFG Bank) sebesar 20,1% mendapatkan lampu hijau dari Otoritas Jasa Keuangan.

Manajemen Bank Danamon menyampaikan setelah pelaksanaan akuisisi ini, MUFG Bank akan menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham sebesar 40,0%.

Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. (AFI) akan tetap menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham sebesar 33,8% di Bank Danamon.

Hal ini merupakan bagian dari Tahap 2 atas rencana transaksi yang diajukan sesuai dengan pengumuman MUFG Bank pada tanggal 26 Desember 2017.

MUFG Bank berencana untuk menambahkan porsi kepemilikan saham di Bank Danamon menjadi sebesar 40% melalui akuisisi (secara langsung atau tidak langsung) saham tambahan sebesar 20,1% dari AFI dan entitas terafiliasi lainnya.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana mengkonfimasi persetujuan atas rencana pengambil alihan saham tersebut. Menurutnya pihak MUFG maupun Danamon telah memenuhi seluruh ketentuan.

"OJK sudah menyetujui. Semua ketentuan sudah dipenuhi, sudah fit and proper test juga dan lulus," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (31/7/2018). 

Pada Desember 2017, badan usaha perbankan dari Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. tersebut telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. (AFI) dan entitas terafiliasi lainnya dengan jumlah keseluruhan 73,8% dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon.

Investasi tersebut akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

Di tahap awal MUFG akan membeli 19,9% dari total saham Danamon yang sudah diterbitkan (“Tahap 1”) dengan harga Rp8323 per saham.

Harga saham untuk Tahap 1 didasarkan pada 3Q2017 price-to-book ratio dua, dengan memberlakukan penyesuaian tertentu.

Setelah penyelesaian Tahap 1, MUFG akan membeli tambahan 20,1% saham dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon, dengan tunduk pada persetujuan regulator dan pihak lainnya yang relevan (“Tahap 2”).

Setelah diselesaikannya Tahap 2, MUFG bermaksud untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40% dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon (“Tahap 3”).

Hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau menerima uang tunai dari MUFG.

Dengan dilaksanakannya Tahap 3, kepemilikan MUFG dalam Danamon diharapkan akan menjadi lebih dari 73,8% dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon.

Tag : bank danamon
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top