Siapkan Spin-off, CIMB Niaga Kejar Target Aset Rp30 Triliun

Bisnis.com, JAKARTA – Unit Usaha Syariah PT CIMB Niaga Tbk. Menargetkan pertumbuhan aset hingga akhir tahun ini dapat mencapai Rp30 triliun.
Andi M. Arief | 05 Oktober 2018 22:19 WIB
CIMB Niaga Syariah

Bisnis.com, JAKARTA – Unit Usaha Syariah PT CIMB Niaga Tbk. Menargetkan pertumbuhan aset hingga akhir tahun ini dapat mencapai Rp30 triliun. 

Strategi tersebut dipilih agar ketika unit syariah tersebut dilepaskan menjadi entitas tersendiri (spin-off) yang ditargetkan terealisasi pada 2022, bank umum syariah yang terbentuk dapat masuk dalam kelompok bank umum kegiatan usaha (BUKU) III. 

Head of Syariah Sales & Distribution UUS CIMB Niaga Diah Rachma Paramaiswari mengatakan, pertumbuhan aset unit saha syariah per Agustus 2018 telah mencapai Rp25 triliun. 

“Kalau kami spin-off, biayanya itu cukup tinggi sehingga kita ingin berdiri dulu. Kalau kami belum siap nanti jadi malu,” tutur Diah, Jumat (5/10/2018). 

Adapun portofolio pembiayaan unit usaha syariah CIMB Niaga kini didominasi oleh pembiayaan konsumtif seperti pembiayaan perumahan, pembiayaan mobil, dan pembiayaan multiguna. 

Total penyaluran pembiayaan per September 2018 telah mencapai Rp7,5 triliun. “Secara keseluruhan kami punya aspirasi sampai akhir tahun itu [total penyaluran pembiayaan] menjadi Rp9,5 triliun,” ujar Diah. 

Diah melanjutkan dalam 4 tahun ke depan CIMB Niaga Syariah menargetkan dapat menaikkan rasio share-off kepada induk sebesar 24%. Per September, share-off UUS kepada induk masih di level 12%. 

Untuk melakukan hal tersebut, Diah berencana uuntuk melanjutkan kerja sama dengan 24 cabang milik induk dan melakukan pelatihan kepada sumber daya manusia yang bekerja di unit usaha syariah tersebut. 

“Memang kerja keras kami dari 5 tahun itu banyak training. Saya catat dari 2016 itu ada 1.000 macam training yang diikuti SDM UUS. Di 2017 ada 1.700 jumlah training,” ujar Diah.

Tag : cimb niaga, cimb niaga syariah
Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top