Bank DKI Kembangkan Aplikasi Pembayaran Pajak Motor

Bank DKI bekerjasama dengan Polda Metro Jaya mengembangkan sistem keterbukaan informasi Kendaraan Bermotor berupa aplikasi SMS dan USSD atau Unstructured Supplementary Service Data Info dalam rangka layanan keterbukaan informasi.
Ipak Ayu H Nurcaya | 25 November 2018 19:52 WIB
Aktivitas di salah satu cabang Bank DKI - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Bank DKI bekerjasama dengan Polda Metro Jaya mengembangkan sistem keterbukaan informasi Kendaraan Bermotor berupa aplikasi SMS dan USSD atau Unstructured Supplementary Service Data Info dalam rangka layanan keterbukaan informasi.

Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Priagung Suprapto mengatakan aplikasi SMS dan USSD Info bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan informasi data kendaraan bermotor dan besaran Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB melalui smartphone. Selain itu, aplikasi SMS dan USSD Info ini juga menyediakan fitur reminder pembayaran PKB serta Info Samsat dan SIM Keliling.

"Sampai saat ini, kami telah bekerjasama dalam memberikan pelayanan di lingkungan Samsat Polda Metro Jaya, di antaranya adalah e-Samsat, sistem antrian baru di gedung Pelayanan Satu Atap, serta layanan less cash dengan menyediakan loket transaksi non-tunai di Samsat Polda Metro Jaya," katanya melalui siaran pers, Minggu (25/11/2018)

Menurut Priagung untuk mewujudkan visi perseroan menjadi bank regional modern, Bank DKI juga terus mendukung program Polda Metro Jaya khususnya dalam penerimaan PKB secara non tunai melalui aplikasi JakOne Mobile. 

Dengan JakOne Mobile wajib pajak hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan yang akan dibayar melalui JakOne Mobile. Selanjutnya, wajib pajak dapat melakukan pembayaran PKB sesuai dengan rincian jumlah nominal PKB yang tertera. Sebagai tambahan, Wajib pajak juga bisa melakukan pembayaran PKB melalui fitur scan to pay pada QR Code yang tersedia di kasir pembayaran Samsat DKI Jakarta melalui JakOne Mobile. Pembayaran PKB juga dapat dilakukan melalui mesin ATM dan EDC Bank DKI.

"Bank DKI juga telah menyiapkan fasilitas pembayaran untuk para biro jasa dengan menggunakan kartu ATM Combo Bank DKI yang multifungsi untuk dapat digunakan sebagai ID Card sekaligus sebagai alat pembayaran PKB DKI Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, perseroan pun terus mendorong kemudahan layanan transaksi non tunai dengan menciptakan produk perbankan digital kepada nasabah yang tersegmentasi. Pada nasabah perorangan, Bank DKI memiliki produk JakOne Mobile dan Jakcard. 

Pada sektor korporasi dan instansi, perseroan menyediakan aplikasi Cash Management System (CMS) sebagai solusi layanan perbankan berbasis internet untuk nasabah korporasi dalam melakukan monitoring dan transaksi keuangan secara real time dan online. Sarana CMS juga digunakan untuk mendukung transaksi pada 2.094 sekolah di Jakarta yang menerima dana BOS dan BOP dengan sistem CMS SIAP BOS-BOP atau Sistem Informasi Akuntabilitas Pendidikan Bantuan Operasional Sekolah – Bantuan Operasional Pendidikan.

Belum lama ini, Bank DKI juga telah diganjar Rekor MURI atas Pelayanan STNK secara Digital dengan Sistem Pembayaran QR Code Pertama.

Tag : perbankan
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top