Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos BCA Kembali Ungkap Kisi-Kisi Bank Yang Akan Dibeli

Rencana akuisisi bank oleh PT Bank Central Asia Tbk. yang dipastikan terjadi tahun ini terus bergulir. Pasar pun terus menunggu kepastian terkait dengan bank mana yang akan dibeli oleh bank swasta terbesar di Indonesia tersebut.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  16:28 WIB
Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja memberikan penjelasan pada acara halal bihalal bersama wartawan di Jakarta, Rabu (4/7/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja memberikan penjelasan pada acara halal bihalal bersama wartawan di Jakarta, Rabu (4/7/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Rencana akuisisi bank oleh PT Bank Central Asia Tbk. yang dipastikan terjadi tahun ini terus bergulir. Pasar pun terus menunggu kepastian terkait dengan bank mana yang akan dibeli oleh bank swasta terbesar di Indonesia tersebut.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja dalam kesempatan dialog ekonomi perbankan bersama Gubernur Bank Indonesia kembali membuka kisi-kisi bank yang akan diambil.

"Kami mau tahun ini selesai, pastinya itu bank BUKU I, bukan public company, dan tentunya bukan bank yang memiliki nama besar. Ini kami lakukan agar tidak terlalu mengguncang pasar," katanya, Rabu (30/1/2019).

Sebelumnya, sempat beredar nama-nama bank antara lain, PT Bank Pan Indonesia Tbk., PT Bank Ganesha Tbk. dan PT Bank Agris Tbk. yang akan diambil BCA. Namun, Jahja terus menampik dengan mengatakan perseroan hanya mengincar bank kecil atau bermodal inti kurang dari Rp5 triliun.

Dia menuturkan, perseroan juga masih terus berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai perkembangan rencana tersebut. Perseroan juga sempat menyebut persoalan harga yang membuat proses akuisisi menjadi lama. Jahja mengatakam alokasi dana yang tersedia untuk membeli bank sekitar Rp4 triliun.

Direktur BCA Santoso belum lama ini mengatakan bahwa saat sekarang sebagian proses akuisisi sudah masuk tahap dealing. Namun demikian dia menegaskan secara umum, rencana tersebut masih diproses oleh perseroan ke OJK.

Perseroan pun telah memiliki rencana untuk bank yang tengah dalam proses akuisisi tersebut. Perseroan akan melakukan penggabungan usaha antara bank tersebut dengan anak usaha bank syariah milik BCA, yakni PT Bank BCA Syariah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top