Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembiayaan UMi di Kendari Digenjot

Pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong usaha kecil di Kendari, Sulawesi Tenggara untuk dapat mengakses pendanaan melalui Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).
Gedung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Gedung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong usaha kecil di Kendari, Sulawesi Tenggara untuk dapat mengakses pendanaan melalui Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat melakukan kunjungan kerja ke Kendari, Sulawesi Tenggara untuk berdialog dengan nelayan dan debitur Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di Tempat Pelelangan Ikan Pangkalan Pendaratan Ikan Sodohoa, Sabtu (2/3). 

Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan melalui keterangan resmi yang diterima Sabtu (2/3), menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden kepada debitur Pembiayaan UMi.

Pihaknya mengatakan bahwa sebelumnya, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengunjungi pedagang dan debitur Pembiayaan UMi di Pasar Sentral Gorontalo pada Jumat (1/3). 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan pesan kepada penerima UMi untuk membangun kepercayaan dan kedisiplinan dalam membayar cicilan pembiayaan. 

"Perlu saya sampaikan pinjaman ultra mikro diberikan dalam rangka agar memiliki usaha yang baik. Tapi jangan lupa yang namanya pinjam itu harus angsur, harus mencicil, harus disiplin," ujarnya.

Menurut dia dengan adanya bantuan pinjaman melalui skema Pembiayaan UMi, Presiden berharap debitur dapat memperbesar dan memajukan usahanya. 

"Jangan membayangkan kita kecil terus. Saya alami, mulai dari mikro jadi kecil, dari kecil jadi gede. Semua itu perlu kerja keras. Perlu kerja keras," ujarnya.

Jadi, harapan Presiden Jokowi, melalui pembiayaan UMi ini tersebut diharapkan nantinya dapat ketemu lagi tahun depan omset usaha para ibu ibu debitur sudah mampu mencapai Rp5 juta, Rp10 juta, atau bisa lebih dari Rp10 juta. 

"Tapi hati-hati ini uang pinjaman yang harus dikembalikan," ujarnya.

Adapun hingga 23 Februari 2019, penyaluran Pembiayaan UMi di Provinsi Sulawesi Tenggara telah dinikmati oleh 2.332 debitur dengan total penyaluran lebih dari Rp8,37 miliar. 

Jumlah ini relatif kecil jika dibandingkan dengan penyaluran secara nasional yang mencapai Rp2,15 triliun kepada 846.547 usaha mikro. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper