Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembiayaan UMi di Kendari Digenjot

Pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong usaha kecil di Kendari, Sulawesi Tenggara untuk dapat mengakses pendanaan melalui Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 03 Maret 2019  |  08:15 WIB
Gedung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI di Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih
Gedung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI di Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong usaha kecil di Kendari, Sulawesi Tenggara untuk dapat mengakses pendanaan melalui Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat melakukan kunjungan kerja ke Kendari, Sulawesi Tenggara untuk berdialog dengan nelayan dan debitur Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di Tempat Pelelangan Ikan Pangkalan Pendaratan Ikan Sodohoa, Sabtu (2/3). 

Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan melalui keterangan resmi yang diterima Sabtu (2/3), menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden kepada debitur Pembiayaan UMi.

Pihaknya mengatakan bahwa sebelumnya, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengunjungi pedagang dan debitur Pembiayaan UMi di Pasar Sentral Gorontalo pada Jumat (1/3). 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan pesan kepada penerima UMi untuk membangun kepercayaan dan kedisiplinan dalam membayar cicilan pembiayaan. 

"Perlu saya sampaikan pinjaman ultra mikro diberikan dalam rangka agar memiliki usaha yang baik. Tapi jangan lupa yang namanya pinjam itu harus angsur, harus mencicil, harus disiplin," ujarnya.

Menurut dia dengan adanya bantuan pinjaman melalui skema Pembiayaan UMi, Presiden berharap debitur dapat memperbesar dan memajukan usahanya. 

"Jangan membayangkan kita kecil terus. Saya alami, mulai dari mikro jadi kecil, dari kecil jadi gede. Semua itu perlu kerja keras. Perlu kerja keras," ujarnya.

Jadi, harapan Presiden Jokowi, melalui pembiayaan UMi ini tersebut diharapkan nantinya dapat ketemu lagi tahun depan omset usaha para ibu ibu debitur sudah mampu mencapai Rp5 juta, Rp10 juta, atau bisa lebih dari Rp10 juta. 

"Tapi hati-hati ini uang pinjaman yang harus dikembalikan," ujarnya.

Adapun hingga 23 Februari 2019, penyaluran Pembiayaan UMi di Provinsi Sulawesi Tenggara telah dinikmati oleh 2.332 debitur dengan total penyaluran lebih dari Rp8,37 miliar. 

Jumlah ini relatif kecil jika dibandingkan dengan penyaluran secara nasional yang mencapai Rp2,15 triliun kepada 846.547 usaha mikro. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan umkm
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top