EDUKASI DUIT : Bisnis Bukan Sekadar Tren

Belakangan ini banyak anak-anak muda menjajal usaha, menjajal bisnis. Bukan semata-mata mencari uang atau ikut tren.
News Writer
News Writer - Bisnis.com 14 Maret 2019  |  14:06 WIB
EDUKASI DUIT : Bisnis Bukan Sekadar Tren
Goenardjoadi Goenawan. - Bisnis/swi

Bisnis.com, JAKARTA — Belakangan ini, kalau dirasakan banyak anak-anak muda yang menjajal berbisnis, berwirausaha. Mereka berbisnis buka semata ikut tren, bukan semata-mata untuk  mencari uang saja.

Jika Anda bertanya ke anak-anak muda yang saat ini gandrung bisnis, mereka menjawab hampir sama. Pasarnya ada.

Ya, bisnis adalah melayani kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia itu terus bertambah. Kebutuhan dasar manusia, ya tentu itu-itu saja, terutama makanan dan minuman. Maka jangan heran kalau sekarang bisnis yang muncul terkait bidang kuliner.

Sejalan dengan keinginan masyarakat yang ingin mudah itulah, peluang bisnis masuk. Secara umum, kebutuhannya tidak banyak berubah. Hanya model layanannya saja yang kini bergeser. Yang berubah hanyalah supply chain, prosesnya.

Proses melayani kebutuhan tersebut. Orang tetap membutuhkan ilmu pengetahuan, lewat buku, maupun e-book, video, audio book, dll. Orang tetap membutuhkan kesehatan, apakah melalui obat, obat generik, obat resep dokter, herbal, makanan kesehatan dll. Teknologi kedokteran tidak akan berhenti.

Kepastian lainnya adalah darahnya perusahaan adalah uang. Bagaimana pun caranya, baik menggunakan sistem traditional maupun online digital, darahnya perusahaan adalah uang. Bilamana pembuluh darah mengalami korosi maka artinya perusahaan menjadi tidak sehat.

Motivasi utama adalah uang. Fokus pada hal ini. Kekuasaan yang menggerakkan orbit semuanya adalah uang. Sistem bisa berubah, cara operasional berubah tetapi uang tetap menjadi fokus utama. Termasuk dalam hal ini konsep "show me the money".

Untuk bisa terus menjalankan roda bisnis, ya kita harus berubah. Melakukan transformasi. Namun, hal yang perlu dipahami.

Perubahan bukanlah penggantian. Bukan berarti replacement. Jaringan infrastruktur jangan diubah. Pondasi perusahaan adalah pada jaringan grosir se-Indonesia.

Hal-hal yang merupakan kepastian tidak bisa diubah. Misalnya kekuatan engine driver bermula dari financial principal. Kekuatan financial inilah sumber energi matahari.

Kekuatan ini adalah poros utama yang harus dilindungi tidak bisa dibuka. Selebihnya harus menggunakan leverage pihak lain. Meningkatkan credit line customers misalnya tidak bisa ditanggung perusahaan. Harus ditanggung oleh network jaringan grosir yang bersangkutan.

Perusahaan tidak mungkin bisa guncang, bilamana kekuatan finansialnya terlindungi. Semuanya bisa diubah kecuali hal ini.

Penulis

 Ir Goenardjoadi Goenawan, M

Motivator Uang

Untuk pertanyaan dan informasi buku elektronik terbaru, bisa diajukan melalui alamat: goenardjoadigoenawan@gmail.com

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Edukasi Duit

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top