LPS Sebut Special Rate Bank Masih di Level Wajar

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menilai tren suku bunga deposito spesial yang diberikan bank sudah mulai stabil.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 08 Mei 2019  |  14:51 WIB
LPS Sebut Special Rate Bank Masih di Level Wajar
Petugas membersihkan logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Selasa (23/4/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Lembaga Penjamin Simpanan menyatakan tren suku bunga maksimal yang diberikan bank sudah mulai stabil dan cenderung melandai dibandingkan dengan posisi puncak pada akhir 2018.

Sekretaris Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Samsu Adi Nugroho mengatakan pergerakan suku bunga deposito spesial yang diberikan oleh perbankan masih bergerak di level yang wajar.

LPS mencatat hingga Jumat (3/5/2019), rata-rata level spesial rate yang diberikan bank antara 7,26-7,39 persen. Secara umum, ada penurunan sekitar 8 basis poin (bps) dibandingkan dengan posisi akhir Desember 2018.

“Yang sedikit berbeda saat ini adalah rentang suku bunga yang diberikan antar kelompok buku bank lebih sempit, atau dengan kata lain suku bunga BUKU [Bank Umum Kelompok Usaha] I dan II dan seterusnya relatif sama,” terangnya kepada Bisnis, Selasa (7/5).

Samsu menambahkan adanya rencana kenaikan special rate di beberapa bank menjelang Ramadan merupakan antisipasi terhadap potensi terjadinya penarikan dana sepanjang bulan puasa hingga Lebaran. Hal ini dinilai cukup wajar karena pascalebaran 2018, kondisi likuiditas perbankan tidak kembali dalam waktu singkat. 

LPS mengaku sedang melakukan evaluasi terkait kebijakan LPS rate periode Mei 2019.

“Kami tentu akan sangat memperhatikan apakah langkah yang diambil beberapa bank ini akan berdampak ke bank lain," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lps, deposito

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top