Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Bank Danamon di Jabar Tumbuh 5,95 Persen Kuartal  I/2019

Laporan keuangan PT Bank Danamon Tbk kuartal I/2019 menyebutkan pertumbuhan kredit di Jawa Barat berada di posisi kedua tertinggi secara nasional dan tumbuh 5,95 persen.
Kantor Bank Danamon./JIBI-Dwi Prasetya
Kantor Bank Danamon./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, BANDUNG — Laporan keuangan PT Bank Danamon Tbk kuartal I/2019 menyebutkan pertumbuhan kredit di Jawa Barat berada di posisi kedua tertinggi secara nasional.

Regional Head Sales & Distribution Danamon Jabar Pinastika Junia mengatakan kota teratas diduduki wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Karawang, Bekasi dan Lampung yang memberikan kontribusi sebesar 14,86% (yoy).

“Untuk pertumbuhan kredit di Jabar itu mencapai 5,95%. Secara nasional, wilayah Jabar ini peringkat kedua. Posisinya berada di atas Sumatera Utara yang tumbuh sebesar 5,06%,” kata Pinastika di Bandung, Kamis malam (9/5/2019).

Menurutnya, pertumbuhan kredit ini didorong oleh permintaan konsumen yang kuat  di sejumlah segmen kunci, seperti consumer Mortgage dan pembiayaan kendaraan bermotor melalui Adira Finance.  

Secara umum kata dia, portofolio consumer mortgage tumbuh 27 % mejadi Rp8,3 triliun. Kredit di segmen enterprise banking yang terdiri dari perbankan korporasi, perbankan komersial, dan institusi keuangan naik 7% menjadi Rp39,5 triliun. Untuk segmen perbankan UKM mencatatkan pertumbuhan sebesar 6% menjadi Rp31,1 triliun.

Untuk pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance tumbuh 14% secara tahunan menjadi Rp52,6 triliun. Pertumbuhan sehat ini didukung pembiayaan kendaraan roda dua dan roda empat yang tumbuh masing-masing sebesar 14% dan 15%.

“Di luar perbankan mikro, total portofolio kredit dan trade finance tumbuh 10% menjadi Rp136,4 triliun,” tambahnya.

Selain itu, Bank Danamon mencatatkan kualitas aset yang relatif sehat dengan rasio kredit bermasalah (NPL) menjadi 2,7%. Angka itu turun dari setahun sebelumnya yang tercatat sebesar 3,2%.

Sedangkan, rasio kecukupan modal (capital adequency ratio/CAR) Bank Danamon tetap menjadi salah satu yang terbaik di antara bank-bank di kelompoknya. Angka CAR konsolidasian berada pada posisi 22,0% sementara CAR bank only tercatat sebesar 22,8%.

Untuk giro dan tabungan (current account and savings accounts/CASA) pun naik 2% menjadi Rp50,9 triliun. Sementara deposito naik 11% menjadi Rp59,5 triliun. Dengan rasio intermediasi makroprudensial kini pada posisi 96,4%, likuiditas bank terkelola dengan baik untuk pendukung pertumbuhan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper