Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fintech Agen Reksa Dana, Tanamduit Bidik Dana Kelolaan Rp1 Triliun

PT Star Mercato Capitale (Tanamduit) menargetkan dana kelolaan Rp1 triliun hingga akhir 2019, naik hampir 10 kali lipat dibandingkan capaian tahun lalu.
Ilustrasi teknologi finansial/Flickr
Ilustrasi teknologi finansial/Flickr

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Star Mercato Capitale, fintech agen penjual reksa dana dengan nama platform Tanamduit, menargetkan dana kelolaan Rp1 triliun hingga akhir 2019, naik hampir 10 kali lipat dibandingkan capaian tahun lalu.

Direktur Tanamduit Muhammad Hanif mencatatkan total dana kelolaan atau asset under management (AUM) hampir Rp150 miliar dari 90.000 nasabah pada pertengahan Juni 2019. Capaian tersebut tumbuh cukup pesat dibandingkan akhir tahun lalu yang masih Rp90 miliar, atau meningkat sekitar 66,67%. Adapun penjualan surat berharga negara (SBN) ritel mencapai Rp110 miliar.

“Kami setiap bulan melakukan KYC [know your customer] yang buka rekening mungkin ada 10.000 tapi ritel sekali. Tahun ini target kami besar sekali, kami cukup ambisius,” ujarnya saat ditemui Bisnis, belum lama ini.

Dia menargetkan capaian AUM hingga akhir 2019 mencapai Rp1 triliun dengan peningkatan nasabah menjadi 300.000 akun.

Tanamduit merupakan perusahaan fintech agen penjual efek reksa dana (APERD). Saat ini mayoritas nasabah Tanamduit berasal dari kalangan millenial berumur 25--35 tahun.

Guna meningkatkan penetrasi produknya, Tanamduit terus melebarkan mitra distribusi reksadana melalui platform e-commerce, financial planner, dan peer to peer (P2P) lending seperti Investree, Bukalapak, Halo Fina, dan Finansialku.

Tanamduit juga tengah menjajaki kerja sama dengan P2P lending yang menyediakan pembiayaan produktif seperti Akseleran. Dia mengatakan kerja sama dengan platform lain menjadi hal yang penting karena nasabah lebih banyak terjaring dari mitra distribusinya.

“Kami akan selalu kembangkan kemitraan, tapi dari platform kami sendiri juga akan kami kembangkan. Nah, caranya dengan tidak hanya menjual produk reksa dana dan SBN, tetapi juga menambah yang lain seperti asuransi, emas, obligasi, dan agregator P2P lending suatu hari,” tuturnya.

Dalam waktu dekat, Tanamduit akan mulai membangun produk insurtech untuk pembelian premi dengan menggandeng perusahaan asuransi. Rencananya produk ini akan diluncurkan pada Juli 2019.  

Hanif mengatakan produk ini dipilih karena dinilai memiliki potensi yang sangat besar dan sudah mulai banyak pemain lain yang mulai mengembangkan produk ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Anggi Oktarinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper