Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mundur dari Bank Danamon, Ini Tanggung Jawab Baru Satinder Ahluwalia

Satinder Pal Singh Ahluwalia menerima jabatan baru di MUFG Bank sebagai managing director pada Global Commercial Banking Planning Division (Divisi Perencanaan Perbankan Komersial Global).
Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk Sng Seow Wah (kiri) berbincang Direktur Satinder Ahluwalia di sela-sela memberikan penjelasan mengenai kinerja perusahaan, di Jakarta, Senin (12/2/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk Sng Seow Wah (kiri) berbincang Direktur Satinder Ahluwalia di sela-sela memberikan penjelasan mengenai kinerja perusahaan, di Jakarta, Senin (12/2/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA—MUFG Bank. Ltd, mengumumkan penetapan Satinder Pal Singh Ahluwalia untuk jabatan yang baru dibentuk, yaitu sebagai managing director pada Global Commercial Banking Planning Division (Divisi Perencanaan Perbankan Komersial Global).

Ahluwalia akan bertanggung jawab untuk mendorong kolaborasi dan sinergi bisnis antara MUFG dengan jaringan bank mitra strategisnya di Asia.

Ahluwalia akan bergabung dengan MUFG dalam beberapa bulan ke depan. Dirinya akan berkantor di Singapura serta akan melapor kepada Takayoshi Futae, chief executive of Global Commercial Banking Business Unit dan chief operating officer – international dari MUFG Bank.

Sejak 2012, MUFG telah menginvestasikan lebih dari US$14 miliar untuk kemitraan strategis dengan berbagai bank terkemuka di Asia, guna memperbesar jaringan perbankan regionalnya.

Beberapa bank yang menjadi mitra strategis MUFG misalnya VietinBank di Vietnam, Krungsri di Thailand, Security Bank Corporation di Filipina, dan Bank Danamon di Indonesia.

Pada bulan Mei 2019, MUFG meningkatkan kepemilikan sahamnya di Bank Danamon hingga 94,1% serta menyelesaikan proses akuisisi strategisnya yang berlangsung secara bertahap sejak akhir 2017.

Adapun, Ahluwalia tercatat memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang perbankan, dengan sebagian di antaranya dibangun di Bank Danamon.

Dia bergabung dengan Bank Danamon pada tahun 2010 sebagai chief risk officer dan berpindah jabatan sebagai micro business director lima tahun kemudian.

Pada November 2017, Ahluwalia memegang jabatan tambahan sebagai chief financial officer di samping tanggung jawabnya sebagai kepala dari bisnis perbankan mikro Bank Danamon.

Sebelum bergabung di Bank Danamon, Ahluwalia telah memimpin fungsi-fungsi perbankan konsumen dan manajemen risiko di berbagai bank.

Bank-bank tersebut antara lain Standard Chartered di Filipina, India, dan Malaysia; Mashreqbank dan ABN AMRO di Uni Emirat Arab; dan Bank International Indonesia di Jakarta.

Rekam jejak kepemimpinan Ahluwalia, khususnya dengan Bank Danamon, akan terbukti penting seiring komitmen MUFG dalam memacu kolaborasi di dalam jaringan bank- bank mitra dan memaksimalkan basis usahanya yang kini semakin diperkuat di Indonesia.

Takayoshi Futae menjelaskan Ahlu adalah seorang bankir yang berpengetahuan luas dengan pengalaman dalam seluruh aspek bisnis perbankan.

Futae mengungkapkan , pihaknya merasa beruntung Ahluwalia bergabung bersama MUFG.

Menurutnya, dengan pengalaman manajerialnya yang luas, wawasan setempat yang dalam, dan disegani di antara manajemen Bank Danamon, Ahluwalia tidak hanya akan menjembatani kerja sama yang lebih besar di antara MUFG dan Bank Danamon, tetapi juga akan berbagi praktik terbaik di dalam jaringan regional MUFG untuk mempercepat laju sinergi demi keberhasilan yang lebih besar.

“Terlebih penting, penetapan ini menegaskan komitmen MUFG untuk bekerja bersama bank-bank mitranya dalam mendayagunakan talenta-talenta utama mereka dan mendukung mereka dalam pertumbuhan karirnya,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Selasa (2/7/2019).

Ahluwalia—yang telah mengundurkan diri dari jabatannya di Bank Danamon pada pekan lalu – menyambut positif penetapannya di MUFG.

Ahluwalia mengaku senang dapat memulai babak baru dalam karirnya dengan MUFG. Dalam kapasitasnya sebelumnya, dirinya telah mampu berinteraksi dan bekerja sama dengan manajemen MUFG.

Ahluwalia mengatakan bahwa dirinya terkesan dengan kesetiaan dan komitmen MUFG untuk bekerja bersama seluruh mitranya di Asia untuk bertumbuh.

“Adalah sebuah kehormatan untuk menjadi bagian dari sebuah tim yang kuat dan dinamis dan saya siap untuk bekerja bersama MUFG dalam menumbuhkan bisnisnya di Asia,” ujarnya.

MUFG mendirikan Global Commercial Banking Business Group pada April 2018 dengan tujuan untuk mengawasi berbagai transaksi perbankan korporasi lokal dan ritel dari bank- bank mitranya.

Grup baru tersebut akan mengelola secara terpusat segmen bisnis yang besar ini dan memberi nilai tambah melalui tata kelola bisnis yang efektif, sehingga diharapkan akan memberikan nilai lebih tinggi bagi MUFG secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper