Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teras BRI Kapal Sukses Kucurkan Pinjaman Rp45,1 Miliar

Guna meningkatkan inklusi keuangan dengan mendekatkan akses dan sarana layanan perbankan kepada masyarakat di wilayah kepulauan dan pesisir yang masih sulit mendapatkan akses terhadap layanan keuangan, emiten berkode saham BBRI itu pun siap meluncurkan Teras BRI Kapal keempat yang diberi nama Teras BRI Kapal Bahtera Seva IV.
Teras Kapal BRI sedang berlabuh di Pelabuhan Pelni, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur./Istimewa
Teras Kapal BRI sedang berlabuh di Pelabuhan Pelni, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur./Istimewa

Bisnis.com, LABUAN BAJO, Nusa Tenggara Timur — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berhasil menyalurkan pinjaman sebesar Rp45,1 miliar dan meraup total dana simpanan Rp32,7 miliar melalui pengoperasian tiga bank terapung yang dikenal dengan nama Teras BRI Kapal.

Rinciannya adalah Teras BRI Kapal Bahtera Seva I yang beroperasi di Kepulauan Seribu, hingga Juni 2019 telah menyalurkan jumlah pinjaman Rp18,3 miliar dan meraup total simpanan Rp11,9 miliar.

Sementara itu, Teras BRI Kapal Bahtera Seva II di Labuan Bajo, pada akhir Juni 2019, berhasil mengumpulkan dana simpanan Rp9,4 miliar dan penyaluran pinjaman sebesar Rp11 miliar. Adapun, Teras BRI Kapal Bahtera Seva III di Halmahera berhasil memberikan pinjaman sekitar Rp15,8 miliar dan dana simpanan sekitar Rp11,4 miliar per Juni 2019.

Guna meningkatkan inklusi keuangan dengan mendekatkan akses dan sarana layanan perbankan kepada masyarakat di wilayah kepulauan dan pesisir yang masih sulit mendapatkan akses terhadap layanan keuangan, emiten berkode saham BBRI itu pun siap meluncurkan Teras BRI Kapal keempat yang diberi nama  Teras BRI Kapal Bahtera Seva IV.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengungkapkan bahwa Teras BRI Kapal Bahtera Seva IV akan mulai beroperasi pada Desember 2019 dan melayani masyarakat di wilayah Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Rencananya kapal tersebut akan beroperasi di Pulau Tarempa, Pulau Bayat, Pulau Lingai, Pulau Telaga Besar, Pulau Keramut dan Pulau Letung.

“Keberadaan Bahtera Seva IV tentu kami harapkan akan memudahkan masyarakat di sekitar Kepulauan Anambas untuk mendapatkan akses keuangan yang memadai, sehingga mampu mendorong perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan,” imbuh Suprajarto dalam rangkaian kunjungan ke Teras Kapal Bahtera Seva II dan agen BRILink BRI di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Kamis (25/7/2019).

Tidak hanya melalui Teras BRI Kapal, BBRI juga terus memperluas jaringannya melalui Agen BRILink untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di masyarakat. Agen BRILink merupakan branchless banking atau kepanjangan tangan dari Bank BRI yang mampu memberikan layanan perbankan sebagaimana kantor bank pada umumnya.

Hingga akhir Juni 2019 tercatat BRI memiliki tak kurang dari 400 ribu agen yang tersebar di seluruh Indonesia dengan volume transaksi lebih dari Rp331 triliun.

“Bank BRI akan terus berinovasi baik dalam hal produk dan layanannya guna mendukung program inklusi dan literasi keuangan yang tengah gencar dicanangkan oleh Pemerintah,” pungkas Suprajarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Gajah Kusumo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper