Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran Kredit UMKM Melejit pada Juni 2019

Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit kepada sektor UMKM pada Juni 2019 tercatat sebesar Rp1.019,8 triliun atau naik 11,6 persen (yoy) dibandingkan dengan bulan sebelumnya Rp1.019,8 triliun.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit kepada sektor UMKM pada Juni 2019 tercatat sebesar Rp1.019,8 triliun atau naik 11,6 persen (yoy) dibandingkan dengan bulan sebelumnya Rp1.019,8 triliun.

Berdasarkan data BI yang dikutip Bisnis.com, Rabu (31/7/2019), pertumbuhan kredit UMKM pada Juni 2019 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan Mei 2019 yang hanya 10,8 persen (yoy).

Kinerja tersebut merupakan satu-satunya sektor yang mencatatkan pertumbuhan yoy dibandingkan dengan bulan sebelumnya di tengah perlambatan pertumbuhan yang dialami oleh sektor lain seperti kredit modal kerja, kredit investasi, dan kredit konsumsi.

Akselerasi penyaluran kredit UMKM terjadi pada seluruh skala usaha. Adapun peningkatan kredit UMKM skala usaha mikro, kecil dan menengah pada Juni masing-masing mencatatkan pertumbuhan 16,6 persen (yoy), 12,3 persen (yoy), dan 8,4 persen (yoy) dari bulan sebelumnya masing-masing 14,9 persen (yoy), 11,9 persen (yoy), dan 7,8 persen (yoy).

Sementara itu, berdasarkan jenis penggunaannya, akselerasi pertumbuhan kredit UMKM bersumber dari seluruh jenis penggunaannya baik kredit modal kerja maupun investasi.

Kredit modal kerja UMKM tercatat Rp744,3 triliun pada Juni atau naik 9,8 persen (yoy), sedangkan kredit investasi UMKM tercatat Rp275,4 triliun atau naik 16,7 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Achmad Aris
Editor : Achmad Aris

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper