Saham Sektor Keuangan Layak Dikoleksi Investor Pemula

Bagi investor pemula pasar modal, saham emiten sektor keuangan layak dikoleksi.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 28 Agustus 2019  |  14:09 WIB
Saham Sektor Keuangan Layak Dikoleksi Investor Pemula
REKOMENDASI SAHAM 9 Juni: IHSG Bakal Rebound Papan elektronik menunjukkan pergerakan indeks harga saham gabungan. JIBI - Dwi Prasetya
Bisnis.com, JAKARTA - Bagi investor pemula pasar modal, saham emiten sektor keuangan layak dikoleksi. 
 
Hal itu dikemukakan William Surya Wijaya, analis dari Indosurya Sekuritas, ketika menjelaskan sektor saham yang sedang mengalami tren kenaikan saat ini. 
 
"Kalau tren yang terlihat sejauh ini (sektor yang mengalami kenaikan) finance, karena di finance itu ada perbankan. Sedangkan, perbankan itu urat nadi perekonomian. Kalau namanya urat nadi perekonomian itu salah satu penyangga penopangnya pasar modal," katanya kepada Bisnis pada Rabu (28/8/2019). 
 
Investor pemula juga disarankan untuk tidak terkecoh dengan harga saham murah yang ditawarkan di pasar modal. Karena, pada dasarnya investor pasar modal yang bijak harus memperhatikan kondisi ekonomi makro sebelum akhirnya memutuskan membeli saham emiten tertentu. 
 
"Harga saham murah, belum tentu valuasinya murah. Kesampingkan itu dulu, lihat (kondisi ekonomi) makronya seperti apa, globalnya seperti apa. Harus mengenal dulu risiko dan perencanaannya, dan tetap disiplin," ungkapnya. 
 
Maka dari itu, untuk investor pemula, William seringkali menyarankan untuk menabung saham untuk motif jangka panjang terlebih dahulu, dibandingkan terpaku pada keuntungan sesaat.
 
"Bursa (saham) butuh orang yang trading untuk beberapa orang yang lebih mau keuntungan. Tapi jika lebih mengutamakan planning, benarnyaebih ke arah investasi," tutupnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rekomendasi saham

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top