Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank DKI Berikan Layanan Digital di Pulau Seribu

Bank DKI bersama Pemprov DKI Jakarta berupaya mewujudkan program Digital Island pada ranah transaksi keuangan di Kepulauan Seribu.
Warga Jakarta mencoba aplikasi JakQR yang dikembangkan Bank DKI di Masjid Istiqlal, Jakarta./Dok. Bank DKI
Warga Jakarta mencoba aplikasi JakQR yang dikembangkan Bank DKI di Masjid Istiqlal, Jakarta./Dok. Bank DKI

Bisnis.com, JAKARTA — Bank DKI bersama Pemprov DKI Jakarta berupaya mewujudkan program Digital Island pada ranah transaksi keuangan di Kepulauan Seribu.

Program Digital Island merupakan penyediaan sistem pembayaran cashless di JakGrosir yang merupakan fasilitas perkulakan pertama di Kepulauan Seribu.

Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi mengatakan, untuk mewujudkan digital island di Pulau Seribu, Bank DKI menyediakan fasilitas electronic data capture (EDC) sebagai solusi pembayaran nontunai menggunakan kartu ATM untuk berbelanja serta menikmati diskon hingga 30%.

Para pemegang kartu KJP Bank DKI, Lansia, Kartu Pekerja, PHL/PPSU juga dapat menikmati barang kebutuhan pokok lebih murah.

"Dengan kehadiran JakGrosir dan Bank DKI, masyarakat Kepulauan Seribu akan lebih terlayani dan menikmati harga yang sama dengan Jakarta. Lebih rendahnya harga suplai barang yang diterima oleh pedagang diharapkan diikuti dengan harga yang lebih murah dan stabil di tingkat konsumen," katanya melalui siaran pers, Rabu (25/9/2019).

Adapun untuk mendukung transaksi keuangan para pedagang Perumda Pasar Jaya di JakGrosir, Bank DKI juga menyediakan produk Tabungan Monas Bisnis Perkulakan.

Melalui Tabungan Monas Bisnis Perkulakan, para pedagang di lingkungan Perumda Pasar Jaya memiliki kemudahan untuk bertransaksi di Perumda Pasar Jaya seperti JakGrosir dan Mini DC Perumda Pasar Jaya.

Selain itu, para pedagang juga memiliki kemudahan untuk mendapatkan pinjaman dari Bank DKI untuk modal usaha dalam bentuk fasilitas aflopend ataupun Pinjaman Rekening Koran.

Sebagai informasi, Bank DKI bersama dengan Pemprov DKI Jakarta telah memiliki program Digital Island di Kepulauan Seribu yaitu program inklusi keuangan untuk membudayakan cashless transaction masyarakat Kepulauan Seribu.

Pada program ini, Bank DKI menyediakan 86 mesin EDC di 8 pulau, 300 merchant JakOne Mobile, 12 agen Laku Pandai serta 11 mesin ATM di 7 Pulau. Harapannya, masyarakat Kepulauan Seribu maupun pengunjung wisatawan di mudahkan dalam bertransaksi pada layanan perbankan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan masalah yang selama ini dihadapi masyarakat Kepulauan Seribu adalah harga bahan kebutuhan pokok lebih mahal dibanding daratan Jakarta karena biaya transportasi yang tinggi.

"Dengan adanya Jakgrosir, diharapkan masalah disparitas harga dapat dituntaskan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper