Ini Kesalahan Mengelola Keuangan Pribadi

Kesalahan pengelolaan keuangan pribadi sering terjadi pada usia produktif. Kesalahan tersebut adalah tidak memiliki perencanaan keuangan dan akan berdampak pada usia tua.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  09:53 WIB
Ini Kesalahan Mengelola Keuangan Pribadi
Tips Keuangan. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Kesalahan pengelolaan keuangan pribadi sering terjadi pada usia produktif. Kesalahan tersebut adalah tidak memiliki perencanaan keuangan dan akan berdampak pada usia tua.

Keterampilan mengelola keuangan diperlukan oleh setiap orang untuk mencapai kemandirian finansial. Kemandirian finansial dapat dimulai dari menyisihkan sebagian uang atau penghasilan yang didapatkan setiap bulannya.

Dalam surat elektronik dari Samuel Aset Manajemen pada Selasa (22/10/2019), kesalahan yang sering dilakukan pada usia 20-an adalah tidak memiliki perencanaan keuangan. Lalu muncul ketakutan dalam berinvestasi dan gaji habis untuk gaya hidup.

Sementara itu, kesalahan yang sering dilakukan pada usia 30-an adalah tabungan dan aset tidak terorganisir, berhutang demi barang-barang mewah demi status dan gengsi serta tak memiliki dana darurat.

Kesalahan yang dilakukan pada usia 40-an adalah tidak mempunyai investasi karena gaji habis untuk membayar cicilan dan pinjaman. Tidak menyiapkan dana hari tua, jika tidak bekerja lagi dan tidak menyiapkan dana pendidikan kuliah anak.

Meskipun telah melakukan kesalahan pada 20-an, 30-an dan 40-an, banyak orang-orang yang tak belajar dari kesalahan masa lalu.

Adapun juga kesalahan yang dilakukan pengelolaan keuangan pada usia 50-an adalah menggunakan simpanan hari tua untuk keperluan lain seperti memulai bisnis atau keperluan keluarga. Sementara itu, tabungan dan aset yang dimiliki tidak memadai untuk hidup mandiri setelah pensiun.

 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tips keuangan

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top