Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chatib Basri Sebaiknya Tidak Rangkap Jabatan Komisaris

Direktur Riset Center of Reform on Economy (CORE) Piter Abdullah menilai sebaiknya Chatib Basri tidak merangkap jabatan komisaris usai ditunjuk menjadi Wakil Komisaris Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. yang disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini, Senin (9/12).
Pengamat Ekonomi M. Chatib Basri./FB Sri Mulyani
Pengamat Ekonomi M. Chatib Basri./FB Sri Mulyani

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Riset Center of Reform on Economy (CORE) Piter Abdullah menilai sebaiknya Chatib Basri tidak merangkap jabatan komisaris usai ditunjuk menjadi Wakil Komisaris Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. yang disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini, Senin (9/12).

"Setahu saya ada ketentuan OJK [Otoritas Jasa Keuangan] yang melarang komisaris lembaga keuangan perbankan merangkap jabatan direktur atau komisaris di perusahaan lainnya," kata Piter kepada Bisnis, Senin (9/12/2019).

Piter mengemukakan terlepas dari ketentuan larangan tersebut, sebaiknya Chatib Basri memang tidak merangkap posisi Wakil Komisaris Utama di Bank Mandiri dengan jabatan Komisaris di perusahaan lain.

Dia mencontohkan, jika Chatib tidak melepas jabatan sebagai Komisaris Independen di Astra Internasional maka dikhawatirkan adanya konflik kepentingan. Menurut Piter, akan ada kemungkinan pembiayaan-pembiayaan dari Bank Mandiri ke Astra Internasional dan anak-anak usahanya.

Sebelumnya, resmi ditunjuk menjadi Wakil Komisaris Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Mantan Menteri Keuangan Indonesia periode 2013-2014, Muhammad Chatib Basri berarti akan tercatat memiliki tiga jabatan komisaris lainnya.

Pertama, Presiden Komisaris PT XL Axiata Tbk. sejak 2016 hingga saat ini. Kedua, Komisaris Independen PT Indika Energy Tbk. sejak 2015 hingga saat ini. Ketiga, Komisaris Independen PT Astra Internasional Tbk. sejak 2015 hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper