Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tumbuh Dua Kali Lipat, Amartha Salurkan Pembiayaan Rp1,8 Triliun

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp1,8 triliun pada sepanjang 2019, atau tumbuh lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya.
Amartha finance/
Amartha finance/

Bisnis.com, JAKARTA - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp1,8 triliun pada sepanjang 2019, atau tumbuh lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya.

Pendiri dan CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra menyatakan jumlah mitra yang menerima pembiayaan sudah mencapai 380.000 nasabah, dan angka rasio kredit bermasalah atau non-performing finance (NPF) sebesar di bawah 1 persen, dengan nilai riil 0,8 persen.

"Kami berupaya menekan rasio kredit macet lewat tiga lapis mitigasi yaitu pertama pendampingan langsung oleh petugas kami atau business partner Amartha," ujarnya Selasa (7/1/2020).

Dia menambahkan pendampingan langsung itu dilakukan lewat pertemuan majelis mingguan yang diikuti oleh mitra atau debitur Amartha dengan pendamping.

Kemudian upaya kedua untuk menekan NPF yaitu penggunaan sistem kredit skoring dan teknologi machine learning yang khusus untuk segmen mikro di pedesaan. Terakhir yaitu lewat asuransi pendanaan dengan kerja sama perusahaan penjaminan kredit.

Salah satu pemacu tumbuhnya nilai kredit yang disalurkan Amartha, yaitu dari upaya ekspansi perseroan ke sebagian wilayah Sulawesi dan Sumatra.

"Misalnya di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat. Kemudian Lampung, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, dan Jambi," ujarnya.

Adapun Amartha termasuk salah satu dari 25 perusahaan peer to peer (P2P) lending yang telah terdaftar dan mengantongi izin usaha dari OJK sejak 13 Mei 2019 lalu. Serta masuk dalam jajaran lima besar perusahaan tekfin penyalur kredit di sepanjang 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper