Kebal dari Corona Virus, Arus Dana Asing Ke Indonesia Tembus Rp25,79 Triliun

Aliran dana asing ke aset keuangan RI per Jumat (24/1/2020) terus bergulir di tengah lesunya kondisi global akibat wabah epidemik virus Corona China.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 24 Januari 2020  |  13:54 WIB
Kebal dari Corona Virus, Arus Dana Asing Ke Indonesia Tembus Rp25,79 Triliun
Gubernur BI Perry Warjiyo - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Aliran dana asing ke aset keuangan RI per Jumat (24/1/2020) terus bergulir di tengah lesunya kondisi global akibat wabah epidemik virus Corona China.

Bank Indonesia (BI) mencatat total aliran dana asing yang masuk ke portofolio RI mencapai Rp25,79 triliun. Dari total dana tersebut, sebanyak Rp26,1 triliun berasal dari SBN dan Rp2,57 triliun dari saham.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengakui adanya outflow dana asing karena beberapa Sertifikat Bank Indonesia (SBI) telah jatuh tempo saat ini sehingga BI memperhitungkan sebagai aliran keluar.

"[Tapi] Bertahap akan kami ganti," tegas Perry, Jumat (24/1/2020).

Dengan adanya jatuh tempo SBI tersebut, BI melihat beberapa investor beralih ke pasar SBN. Perry memperhitungkan sekitar Rp2,3 triliun mengalir ke SBN saat ini.

Dalam seminggu terakhir hingga 23 Januari 2020, BI mencatat adanya outflow saham sebesar Rp3,8 triliun dan outflow di SBN Rp980 miliar.

"Ini dipicu oleh berita virus corona jadi saham turun," tutur Perry.

Kendati demikian, Perry menegaskan total arus dana asing yang masuk ke Indonesia sebesar Rp25,79 triliun merupakan sinyal kepercayaan investor akan ekonomi Indonesia yang membaik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
virus corona, saham, sbn

Editor : Hadijah Alaydrus
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top