Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Corona Mewabah, Bank Amar Tak Khawatirkan Permintaan Kredit

Bank Amar memiliki basis debitur usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang cukup kuat dan luas.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 04 Maret 2020  |  16:19 WIB
Bank Amar
Bank Amar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Amar Indonesia Tbk. optimistis kinerja fungsi intermediasi tetap terjaga di tengah tantangan ekonomi dan penyebaran virus corona.

Direktur Utama Bank Amar Vishal Tulsian menyebutkan perseroan memiliki basis debitur usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang cukup kuat dan luas.

"Jadi, kami masih cukup optimistis pinjaman Bank Amar, khususnya untuk UMKM diperkirakan akan terus meningkat terutama karena permintaan yang masih kuat," katanya, Rabu (4/3/2020).

Meski demikian, Vishal tak menampik virus corona saat ini akan berdampak pada ekonomi dunia, termasuk Indonesia, karena keterkaitan ekonomi yang cukup kuat.

"Untungnya, Bank Indonesia telah mengambil langkah bijaksana untuk meningkatkan likuiditas dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Namun, untuk dampak lebih optimal pada perekonomian, maka beberapa perubahan struktural untuk mendorong produksi dalam negeri dan ekspor menjadi sangat diperlukan," imbuhnya.

Adapun, kinerja emiten berkode AMAR ini tergolong cukup progresif. Pada kuartal ketiga tahun lalu, fungsi intermediasi perseroan tumbuh 32,39 persen (year-on-year/yoy) menjadi Rp1,75 triliun.

Manajemen bahkan mengklaim total pembiayaan di teknologi finansialnya Tunaiku telah mencapai Rp2 triliun per Desember tahun lalu.

Walau masih memiliki baki yang lebih kecil dibandingkan dengan kredit, dana pihak ketiga (DPK) Bank Amar tumbuh 60,97 persen yoy menjadi Rp1,55 triliun.

Sementara itu, porsi kredit UMKM Bank Amar mencapai 28,09 persen. Namun, porsi debitur UMKM terhadap total debitur keseluruhan perseroan mencapai 44,67 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit umkm Virus Corona Bank Amar
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top